Karimun Jawa Sebagai Destinasi Wisata yang Mempesona, Anda Wajib Coba Tempat Ini

Karimun Jawa Sebagai Destinasi Wisata yang Mempesona, Anda Wajib Coba Tempat Ini – Indonesia merupakan negara kepulauan yang dipenuhi dengan berbagai pulau yang sangat indah. Pulau di Indonesia juga tak kalah menarik dan cantik jika dibandingkan dengan jenis pulau yang ada di dunia. Di sisi lain banyak wisatawan mancanegara yang lebih menyukai keindahan kepulauan di Indonesia sehingga mereka tertarik mengunjunginya.

Kepulauan yang ada di Indonesia tak hanya nyaman untuk ditinggali. Daerah di Indonesia juga sangat cocok untuk dijadikan tempat wisata untuk berlibur menghilangkan penat. Salah satu pulau yang cukup terkenal dengan keindahan daerahnya ialah pulau Jawa. Daerah ini juga memiliki penduduk yang cukup padat.

Namun, hal ini tidak begitu mempengaruhi daya tarik para wisatawan yang ingin menikmati keindahan alamnya. Di pulau Jawa terdapat satu kepulauan yang sangat direkomendasikan untuk para wisatawan yakni Karimun Jawa. Daerah ini menjadi salah satu tujuan wisata yang sangat indah dan mempesona.

Siapapun yang mengunjungi tempat ini pasti akan mendapatkan pengalaman yang mengesankan melalui pemandangan dan keadaan alamnya yang indah. Tempat ini terletak di daerah Laut Jawa tepatnya di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Jika berkunjung ke daerah di pulau Jawa maka kurang lengkap jika tidak mengunjungi tempat ini.

Akan tetapi masih banyak orang yang penasaran dengan letak tempat ini. Sebagian orang hanya mengetahui namanya namun tidak mengetahui dimana tempatnya. Anda bisa meminta kepada pemandu wisata agar mengunjungi pulau ini. Agar lebih spesifik lagi, Anda bisa mencari informasi di internet dengan kata kunci “Karimun Jawa dimana?”.

Bagaimana Sejarahnya?

Menurut cerita nama dari tempat ini pertama kali muncul saat putra dari Sunan Muria yang sekaligus murid Sunan Kudus yang disebut ‘nakal’ yakni ‘Syekh Amir Hasan’ dibuang ke kepulauan tersebut. Pada saat itu, pulau ini tidak terlihat dengan jelas atau dalam istilah daerah Jawa disebut “kerimun-kerimun”.

Karena hal itulah kemudian pulau ini dinamakan Karimun. Penambahan nama Jawa karena memang terletak di pulau Jawa. Kemudian jadilah nama Karimun Jawa yang terkenal hingga saat ini. Meskipun sejarah awalnya menyatakan bahwa pulau ini tidak terlihat jelas, namun keindahannya sangat nampak jelas dan nyata.

Ada Berapa Pulau di Karimun Jawa?

Pulau ini terdiri dari beberapa pulau yang tersebar di daerah ini. Jumlah pulau di daerah ini mencapai 27 pulau yang tersebar merata di seluruh penjuru tempat ini. 27 pulau ini mengelilingi daerah tersebut sehingga Anda juga dapat berkunjung dengan berkeliling ke semua pulau tersebut. Bagi Anda yang menyukai destinasi wisata laut maka tempat ini sangat tepat.

Daerah perairannya cukup jernih dengan didukung oleh pasirnya yang putih bersih. Nama dari pulau ini menjadi pulau utama dari daerah ini. Pulau utama ini terdiri dari dua Kecamatan yaitu nama yang sama dengan pulau utama tadi serta Kemojan. Didekat pulau utama ini terdapat pulau Menjangan Besar dimana Anda bisa menemukan penangkaran hiu dan penyu.

Daerah ini cukup diminati oleh setiap orang yang berkunjung ke Karimun Jawa karena bisa melihat pesona penangkaran ikan hiu dan kumpulan penyu yang sangat menghibur diri setiap pengunjung. Pulau utama ini merupakan pemukimn penduduk asli disana yang merupakan penduduk suku Bugis, Madura dan Jawa.

Penduduk asli disana menempati pulau utama, pulau Genting, pulau Parang serta pulau Nyamuk. Selebihnya, pulau disana merupakan pulau yang tidak berpenduduk. Namun, segelintir orang yang merupakan pengelola pulau tinggal menetap disana. Meski begitu, daerah ini tidak sepi pengunjung sehingga tanda adanya kehidupan masih ada disini.

Disana terdapat pulau kecil lainnya yang kini dijadikan sebagai kawasan wisata cagar alam. Pulau tersebut terdiri dari Pulau Krakal Kecil, Pulau Krakal Besar, Pulau Katang, Pulau Cemara Besar, Pulau Kumbang, Pulau Kembar, Pulau Bengkoang dan Pulau Kokok, Pulau Tengah, Pulau Merica, Pulau Cendikian, Pulau Cilik, Pulau Sintok, Pulau Seruni, Pulau Genting, Pulau Gleyang, Pulau Batu dan Pulau Cemara Kecil.

Pulau yang ada di daerah ini memiliki beberapa fungsi yang lebih spesifik. Misalnya pulau Parang menjadi spot snorkeling yang cukup disukai dan menjadi favorit. Adapula pulau Menyawakan yang mempunyai penginapan yang unik yaitu Kura-Kura Resort, pulau Gundul yang sering digunakan latihan TNI AL.

Adalula pulau Sambangan yang digunakan sebagai tempat transplantasi karang. Beberapa fungsi yang lebih spesifik ini sangat unik dan bisa dijadikan tempat melakukan aktivitas yang berbeda dari biasanya. Salah satu pulau yang sangat unik di Karimun Jawa ialah pulau Gosong. Pulau ini memiliki keunikan yang tidak bisa ditemukan di tempat lain.

Pulau ini hanya akan muncul saat air laut sedang surut. Pada saat itu pula akan muncul pasir putih yang menghampar. Kurang lengkap rasanya jika tidak mengunjungi pulau Gosong jika berada di daerah ini. Jadi, jika masih bingung untuk tujuan wisata yang ingin dikunjungi, pulau ini bisa menjadi rekomendasi bagi Anda.

Naik Apa Ke Karimun Jawa?

Nah, pertanyaan ini juga tak kalah penting dan sering menjadi pertanyaan utama saat ingin mengunjungi tempat ini. Pulau ini terletak di bagian utara Provinsi Jawa Tengah. Untuk menuju Jawa Tengah tentunya dari setiap daerah sudah memiliki transportasi yang bisa mengantar Anda ke Jawa Tengah tepatnya Jepara.

Anda bisa menempuh jalur darat dengan menaiki bus atau kereta api. Jika ingin lebih cepat dan nyaman maka gunakan kereta api. Namun, jika ingin lebih mudah menemukan kendaraannya Anda bisa menggunakan bis. Untuk pergi ke Karimun Jawa Anda bisa menggunakan kapal penyebrangan yang ada di Jepara.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kapal penyebrangan yang ada di daerah Semarang. Hal ini bisa disesuaikan dengan situasi dan kondisi Anda. Anda bisa menikmati perjalanan lewat jalur perairan yang sangat indah. Anda perlu menyiapkan perbekalan yang cukup sebab perjalanannya akan cukup lama.

Dengan meggunakan kapal Ferry biasa Anda bisa menempuh perjalanan dari 4 hingga 5 jam. Sedangkan dengan kapal Ferry Express perjalanan dari Jepara bisa mencapai 2 jam perjalanan saja. Anda bisa memilih jenis kapal penyebrangan yang sesuai. Namun, perjalanan yang dilalui tetap sama indahnya.

Apa Saja yang Ada di Karimun Jawa?

Pantai Anora

Daerah ini memiliki pemandangan pantai yang merupakan pulau kecil yang menyatu dengan bukit tepatnya di desa Kemloko. Di bukit ini Anda bisa melihat hamparan pemandangan alam yang sangat indah terutama bagian landscape-nya yang elok. Cukup mengeluarkan uang sebesar 10 ribu rupiah Anda sudah bisa memasuki daerah ini.

Mangrove Tracking

Di Karimun Jawa Anda juga bisa menemukan jalur sepanjang 2 km diantara hutan mangrove. Anda bisa menyusuri hutan ini melalui jembatan khusus yang dibuat dari kayu yang dibangun hingga menyusuri hutan. Kicauan burung akan menemani perjalanan Anda disini. Selain itu, Anda juga bisa menemukan menara pandang untuk melihat pemandangan sekitarnya.

Bukit Love / Love Hill

Berikutnya, di pulau ini Anda juga bisa menemukan sebuah bukit bernama bukit love. Bukit ini bisa Anda jangkau hanya dengan menempuh perjalanan 10 menit saja dari pusat daerah ini. Anda bisa menemukan berbagai spot foto yang menarik serta pemandangan yang indah. Untuk menyaksikan keindahannya tempat ini disarankan dikunjungi pada jam 8 hingga 10 pagi.

Penangkaran Hiu

Di Karimun Jawa Anda bisa menemukan ikan hiu yang cukup banyak. Disini Anda bisa sekedar berfoto saja dengan kumpulan ikan hiu atau untuk sekedar memberi makan ikan tersebut. Namun, Anda tak perlu khawatir karena kumpulan ikan ini masih berukuran kecil dan berada di pesisir dengan air yang tenang sehingga sangat aman bagi setiap pengunjung. Para pengelolanya pun akan memandu setiap pengunjung.

Selain beberapa tempat tersebut, Anda juga bisa menemukan beberapa pantai serta pulau kecil yang sangat indah dan cocok untuk Anda kunjungi. Daerah ini memang terkenal memiliki lebih dari satu pantai yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan. Anda bisa mengunjungi salah satunya atau bahkan semua pantai tersebut.

Apa Nama Spot yang Paling Populer di Karimun Jawa?

Daerah ini juga memiliki beberapa tempat atau spot yang sangat terkenal dan sering dikunjungi oleh para wisatawan. Pertama terdapat Spot Snorkeling Nemo yang terletak di sekitat barat pulau Besar yang ada di daerah ini. Anda bisa mengunjunginya dengan menggunakan kapal kayu dengan jarak tempuh mulai dari 15 hingga 20 menit.

Disini, Anda bisa melakukan snorkeling dengan melihat pemandangan bawah laut yang sangat indah. Terumbu karang serta ikan yang berwarna warni terutama Nemo alias ikan badut bisa Anda temukan di tempat ini. Hal inilah yang membuat banyak wisatawan yang mengunjungi daerah ini.

Berikutnya, salah satu spot yang cukup terkenal di Karimun Jawa ialah pulau Cemara Kecil dan Besar. Di pulau ini Anda juga bisa menemukan ikan nemo yang tak kalah cantik dari tempat sebelumnya. Anda bisa menemukan pemandangan taman bawah laut yang dipenuhi anemon dan karang yang indah.

Pada anemon tersebut, ikan nemo atau ikan badut akan berenang dengan cantiknya. Namun, ikan ini hanya akan berenang di sekitar anemon laut saja sehingga Anda perlu lebih teliti untuk menyaksikan aksi ikan ini di bawah laut. Anda bisa melihat ikan berwarna oranye atau merah dengan garis putih yang sangat cantik dan menggemaskan.

Selain itu, adapula pulau Gosong yang sangat terkenal di Karimun Jawa. Wisatawan yang berkunjung ke tempat ini akan mengunjungi pulau Gosong karena akan menampakkan pemandangan yang langka. Pulau ini hanya kan nampak pada saat air laut sedang surut. Jadi, jangan kunjungi tempat ini saat sore hari karena air akan pasang.

Pada saat pasang pulau ini tidak akan terlihat. Namun, saat sedang surut maka pulau ini akan memperlihatkan keindahannya terutama hamparan pasir pantainya yang sangat indah. Jadi, jik berkunjung ke pulau ini tidak ada salahnya Anda menyaksikan fenomena pulau Gosong yang bisa ditemukan di daerah lainnya.

Lokasi lain yang juga terkenal di Karimun Jawa ialah penangkaran hiu. Disini Anda bisa melihat kumpulan hiu yang masih kecil namun tidak membahayakan. Hiu ini akan dikumpulkan pada satu pulau kecil. Saat berada di pesisir pantainya saja para hiu ini akan muncul. Anda bisa masuk kedalam air tersebut dan bercengkrama dengan kumpulan hiu ini.

Tak perlu risau karena pengelolanya akan mengawasi dan membantu Anda agar tetap aman dari ikan hiu. Anda akan dipandu untuk melakukan hal yang sesuai agar tidak mengganggu ketenangan para hiu ini. Jangan lupa, Anda juga bisa memberi makan para hiu ini.

Apa Nama Situs Web yang Paling Terkenal di Karimun Jawa?

Ada banyak sekali situs / website agen wisata yang bisa anda pilih untuk merencanakan liburan Anda ke Karimunjawa, dengan adanya situs tentu memper mudah Anda untuk mendapatkan banyak kemudahan untuk berlibur ke karimun jawa. Berikut kami berikan opsi beberapa situs yang paling terkenal di Karimunjawa yaitu:

  1. Thekarimun.com
  2. Karimunjawajourney.com
  3. Hobiliburan.com
  4. Seributravel.com
  5. Alikarimunjawa.com

5 situs web di atas adalah website lokal asli pemiliknya orang karimunjawa, jadi anda tidak perlu khawatir untuk tidak mendapatkan informasi yang berkualitas dari 5 situs web yang saya tulis diatas.

Kuliner Khas Karimun Jawa

Nah, hal yang paling dicari di setiap tempat wisata tentunya ialah kuliner khasnya. Di pulau ini Anda bisa menemukan beberapa jenis makanan khas yang hanya bisa ditemukan disana. Pertama, terdapat lontong Krobyok. Krobyok dalam bahasa Jawa berarti melintasi air. Kuah untuk lontong ini menggunakan air kuah bakso yang nikmat.

Air kuah ini akan dipadukan dengan toge, seledri dan yang paling penting ialah irisan lontong yang mengenyangkan. Berikutnya, Anda patut mencoba kuliner khas pulau ini yaitu bakso ikan ekor kuning. Sesuai namanya, bakso ini terbuat dari ikan ekor kuning yang banyak ditemukan di pulau ini. Rasanya juga sangat khas dan enak.

Kuliner khas Karimun Jawa selanjutnya ialah pindang serani yang merupakan ikan pindang yang diberi bumbu khas dengan kuah yang segar. Selain itu, hidangan ini ditambahkan irisan tomat sehingga rasanya sedikit asam namun tetap segar meskipun menggunakan bahan dasar ikan. Jika pergi ke daerah ini cobalah pindang serani ini.

Berikutnya, kuliner khas yang bisa Anda coba ialah tongseng cumi. Biasanya tongseng berisi daging kambing atau sapi. Anda bisa merasakan sensasi berbeda untuk menikmati cumi dengan bumbu tongseng yang nikmat dan kaya rasa. Pastikan Anda mencoba hidangan ini jika berada di pulau ini.

Oleh-oleh Khas Karimun Jawa

Seperti daerah wisata lainnya, daerah ini juga memiliki oleh-oleh khas berupa souvenir atau pernak pernik khusus. Anda bisa menemukan banyak kayu langka Setigi, kayu Dewandaru, kayu Kalimasada, kerajinan kerang Jepara atau kaos dengan gambar dan tulisan dari pulau ini. Adapula oleh-oleh khas berupa makanan.

Beberapa makanan khas yang sudah disebutkan sebelumnya bisa Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh. Selain itu, Anda juga bisa membawa pulang oleh-oleh berupa makanan lain berupa ikan asin khas, Tempong atau Blenyik, Rondo Royal dan lontong krobyok. Oleh-oleh ini bisa Anda bawa pulang dan sudah tersedia di setiap toko oleh-oleh disana.

Selain itu, adapula kain batik Kartini yang memiliki motif khas dengan hiasan burung merak disekitarnya. Dinamakan batik Kartini karena konon batik ini dibuat oleh Ibu Kartini pada masanya sehingga menjadi kain khas daerah ini.

Karimun Jawa memang memiliki kekayaan alam dan berbagai keunikan yang sangat menarik. Mulai dari lokasinya, aneka tempat wisatanya, makanan khasnya serta oleh-oleh yang bisa Anda bawa. Keunikan ini tidak selalu dapat ditemukan di daerah lainnya. Dengan berbekal informasi diatas Anda bisa merasakan indahnya daerah ini.

Jika berkunjung ke tempat ini Anda akan merasakan pengalaman yang menyenangkan dan berbeda. Anda perlu menyiapkan waktu luang serta uang yang cukup untuk berkunjung mengelilingi daerah ini. 

Jika Anda penasaran dengan keadaan alam di Karimun Jawa, segeralah siapkan semua kebutuhannya dan luangkan waktu Anda untuk menikmati keindahan dan keunikan daerah ini. Ajak serta rekan atau keluarga Anda agar momen liburan ini bisa lebih berkesan dan tak terlupakan. Selamat mencoba.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top