Indonesia memang kaya akan keindahan alamnya, Ada beribu pulau tersebar dari Sabang hingga Merauke, penuh pesona masing-masing. Membuat siapapun rela membayar mahal untuk mengunjunginya. Termasuk ke tempat wisata di Karimunjawa yang sarat dengan panorama layaknya Hawaii.

Letak Karimunjawa serta Biaya Masuknya

Kepulauan Karimunjawa terletak di Jepara, Jawa Tengah yang berjarak sekitar 83km dari daratan utama. Bila ingin menjelajah kesana, disarankan untuk naik perahu. Mulai dari kapal kecil hingga Fery. Jangan lupa perhatikan jadwal karena jam berangkatnya berbeda-beda.

Untuk jam bukanya, juga berbeda-beda. Karena ada beberapa pulau yang bisa dikunjungi hingga malam. Tapi pastinya, semua tempat dapat dinikmati mulai pukul 8.00-17.00 WIB saja. Untuk biaya pun juga bervariasi antara hari biasa dan weekend, serta masyarakat lokal hingga mancanegara.

Bagi masyarakat lokal, Anda bisa menikmati pulau ini dengan merogoh uang Rp 5.000,- di hari biasa dan Rp 7.500,- saat akhir pekan. Sementara turis mancanegara dikenakan Rp 150.000,- (weekdays) serta Rp 225.000,- (weekend). Harga itu belum termasuk biaya sewa kapal yang bervariasi.

Area Wisata di Karimunjawa

Bagi Anda yang ingin merasakan indahnya pantai-pantai di Hawaii maupun eksotisnya Malibu dan Maladewa, sepertinya tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam agar sampai ke sana. Nyatanya, negeri ini punya wilayah amat mirip dengan negara-negara di atas.

Ya, Karimunjawa telah lama menjadi primadona para penikmat pantai. Tidak hanya masyarakat lokal saja, turis Mancanegara pun dengan bangga menyatakan bahwa wilayah tersebut lebih indah dari Hawaii sekalipun. Mau tahu apa saja area wisatanya? Berikut akan diulas secara lengkap:

  1. Pulau Cemara Besar

Tempat wisata pertama yang terletak di Karimunjawa adalah Pulau Cemara Besar. Letaknya memang sedikit jauh dari daratan utama, namun soal keindahannya sendiri sudah tidak perlu diragukan lagi. Endapan pasirnya membentang luas, serta tumbuh beberapa pohon serupa diasana.

Pulau ini memang bisa dikatakan cukup luas dibanding lainnya. Pasirnya sendiri lebih putih dan lembut, apalagi kalau sedang surut. Suasananya sangat asri dan sedikit sepi. Tidak jarang, banyak wisatawan menganggapnya sebagai private beach.

Selain itu, Anda juga bisa menikmati snorkeling di sekitar bibir pantai. Panorama bawah lautnya juga tidak kalah indah dari Bunaken. Setiap wisatawan sudah pasti akan dimanjakan oleh pesona alamnya. Untuk jam buka dari pagi sampai sore.

  • Pulau Cilik

Selain itu, ada pula tempat lain di dekatnya bertajuk Pulau Cilik yang juga menawarkan keindahan tiada tara dari “teman-temannya”. Lokasinya sendiri berada di desa Kemujan, Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, bahkan bisa dikelilingi hanya dengan jalan kaki saking kecilnya.

Sama seperti lainnya, pulau ini juga ditumbuhi pohon cemara walau tidak terlalu banyak. Meskipun begitu, endapan pasirnya lumayan luas. Bahkan terlihat jauh lebih putih. Air di bibir pantai sendiri cukup dangkal. Sangat cocok kalau dipakai snorkeling.

Untuk Pulau Cilik maupun Cemara Besar, semuanya berjarak sekitar 200m hingga 300m dari daratan utama. Kalau ingin kesana, Anda bisa langsung naik kapal dan membayar sekitar Rp 50.000,- saja. Bonusnya, bisa sekalian melihat sunset bila berangkat sore hari.

  • Pulau Geleang

Kalau Anda berencana menyusuri Karimunjawa ke sisi barat, maka Pulau Geleang bisa menjadi destinasi selanjutnya yang patut dikunjungi. Biasanya, para nahkoda kapal akan mampir ke sana untuk istirahat dan makan siang saja.

Banyak orang memilih kesana setelah lelah snorkeling karena suguhan keindahan alamnya begitu menakjubkan. Pantainya sendiri lumayan luas dengan pepohonan besar di sekitar. Airnya benar-benar jernih, berwarna hijau tosca dan kadang biru.

Bila Anda ingin menjelajah kesini, cukup dengan membayar biaya kapal saja sebesar Rp 50.000,-. Setelahnya, silahkan bersantai dan berkeliling pulau kecil ini. Jangan lupa agar selalu menjaga kebersihan pantai dengan tidak membuang sampah sembarangan.

  • Pulau Menjangan Kecil

Menjangan dalam bahasa Jawa artinya Rusa. Meskipun memiliki nama demikian, tapi di dalam pulau ini tidak ada hewan tersebut. Suasananya sendiri benar-benar asri dengan banyak pepohonan meskipun wilayah pantainya agak kecil.

Pulau Menjangan Kecil ini berlokasi di sisi timur Karimun, dan para pengelola akan mengantar Anda ke sana sebagai tempat istirahat setelah seharian snorkeling. Dibanding lainnya, terumbu karang disini lumayan bervarias dan begitu indah kalau dipadukan dengan air jernihnya.

  • Penangkaran Hiu, Pulau Menjangan Besar

Di lokasi wisata di Karimunjawa lainnya, Anda berkesempatan mengunjungi Pulau Menjangan Besar yang punya daya tarik khusus. Kalau di wilayah lainnya hanya bisa snorkeling saja, di sini terdapat penangkaran hiu yang dikelola pemerintah dan pengelola setempat.

Anda jelas tidak hanya bisa melihat hiu-hiu itu itu saja, namun dapat sekalian berenang serta berinteraksi bersamanya. Tenang, hewan-hewan tersebut tidak akan memakan siapapun seperti di film-film. Mereka semua sudah jinak.

Para pengelola juga memerbolehkan Anda memberi makan hiu-hiu tersebut dengan ikan-ikan kecil yang telah disediakan disana. Terakhir, pengunjung juga bisa mengambil foto sebagai kenang-kenangan.

  • Pantai dan Bukit Anora

Lain daripada sebelumnya, kalau pulau tersebut hanya dipenuhi oleh pepohonan serta batu karang dibawah, maka disini terdapat pantai yang menyatu sekalian dengan bukit. Letaknya sendiri berada di Desa Kemloko, tidak jauh dari daratan utama.

Pantai Anora tersebut menyuguhkan pemandangan yang benar-benar indah. Apabila Anda naik ke bukitnya, tentu bisa melihat pulau-pulau kecil disekitar meskipun tidak semuanya. Air di sekitar sini sangat jernih, bahkan karang-karang dapat terlihat juga dari atas.

Untuk ke sini, para pengelola hanya menyewakan kapal mereka dengan biaya Rp 10.000,- saja. Lebih murah dari lokasi lainnya karena letak pulau ini yang sangat dekat dari daratan utama. Jangan lupa sempatkan waktu Anda untuk mengunjungi destinasi ini.

  • Pantai  Legon Lele

Bagi Anda yang termasuk “Anak Senja” sepretinya wajib mengunjungi spot ini kalau tengah berlibur ke Karimunjawa. Pantai Legon Lele begitu terkenal degan panorama matahari terbenamnya yang digadang-gadang sama dengan Kuta.

Pulau yang menghadap ke barat ini memiliki banyak sudut menarik untuk dijadikan foto. Utamanya memang ketika matahari terbenam karena cahaya emasnya bisa maksimal terpancar ke pantai. Oleh karena itu, banyak wisatawan sengaja ke sini sore hari.

  • Pantai Batu Topeng

Seperti namanya, panti di sini memang banyak bebatuannya. Bahkan salah satu diantara benda tersebut ada yang mirip topeng. Letaknya sedikit menjorok ke laut dan di atasnya terdapat gazebo, meskipun tidak terlalu tinggi. Banyak sekali wisatawan berfoto disini.

Selain bebatuan, Pantai Batu Topeng juga memiliki banyak pepohonan. Bahkan tidak hanya cemara saja yang ada disana. Pasirnya sendiri sangat putih dengan air di bibir pantai berwarna hijau tosca dan biru berkilau ketika memantulkan sinar mentari.

  • Pantai Nirwana

Di antara semua pantai di atas, Pantai Nirwana patutnya menyandang gelar “Surga yang Tersembunyi” karena keindahan alamnya baru terungkap belakangan ini. Keadaannya benar-benar masih alami, bahkan dari sentuhan pengelola sekalipun.

Suasa di Pantai Nirwana sangat sepi, namun hal tersebut yang membuatnya memikat. Anginnya tidak terlalu keras, sehingga cocok digunakan sebagai tempat berjemur. Riak airnya sendiri sangat tenang cocok sekali kalau digunakan snorkeling.

  1. Pantai Barakuda

Kalau Anda mendambakan suasana mirip Tanah Lot tapi di Jawa, maka Pantai Barakuda bisa jadi jawabannya. Meskipun tidak ada Pura di sana, tapi keadaan alamnya sangat mirip karena pengelola sudah mengelolanya dengan apik dan rapi.

Di sana sangat banyak pohon kelapa serta tanah dengan rerumputan yang jarang ditemukan di pantai. Selain itu, airnya begitu jernih. Dipinggirannya saja sudah berwarna biru ditambah ombak sedikit keras daripada wilayah lainnya.

  1. Pantai Ujung Gelam

Rasa-rasanya seluruh pantai di Indonesia bisa terangkum hanya dengan mengunjungi Karimunjawa saja. Kali ini, Ujung Gelam berhasil memikat pengunjung dengan banyaknya bebatuan besar mirip daerah Belitung. Kalau Anda menonton Laskar Pelangi, pasti tidak asing lagi.

Suasananya sangat asri, tidak terlalu sunyi, meskipun untuk mengaksesnya harus melewati jalan beton dulu. Serasa private beach kalau berkunjung kesini. Selain itu, ombaknya juga lebih tenang. Bahkan, pengelola juga mengijinkan untuk snorkeling disana.

  1. Karimunjawa Butterfly Park

Karimunjawa Butterfly Park adalah sebuah hotel kecil dengan menawarkan segala fasilitas seperti penyejuk udara yang ada di kamar tamu, serta dapat  terhubung internet/wifi, resepsionisnya dapat melayani selama 24 jam, bisa menjangkau restoran, dan wisata lain hanya berjalan kaki.

Karimunjawa Butterfly Park bertempat di Jalan Kapuran No. 07, Kabupaten Jepara Jawa Tengah. Seperti hotel pada umumnya, harga akan mengikuti berapa lama Anda menginap. Untuk jam bukanya, tempat ini melayani selama 24 jam. Bisa check in pukul 07:00 dan check out 12:00.

  1. Tanjung Gelam

Pantai Tanjung Gelam ini merupakan tempat yang sangat cocok untuk liburan bersama keluarga sambil menikmati matahari tenggelam. Lokasinya berada pada ujung Barat pulau Karimunjawa serta menyuguhkan panorama indah dengan pasir putihnya.

Uniknya, Tanjung Gelam ini terletak di Kabupaten Jepara Jawa Tengah mempunyai bentuk daratan yang menjorok ke laut. Mengenai tiket masuknya dikenakan sekitar Rp. 20.000 (jalur darat). Ajaklah keluarga Anda untuk berlibur dis ini. Dijamin tidak akan kecewa dengan pemandangan indahnya.

  1. Dermaga Di Mrican

Tidak hanya Tanjung Gelam saja, namun Dermaga Mrican juga bisa dijadikan spot terbaik untuk Anda menikmati matahari tenggelam. Sungguh sangatlah indah pemandangan yang berada di ujung utara Jepara ini. Hamparan pasir putihnya, airnya jernih, cantiknya terumbu karang, dan lain – lain.

Dermaga ini terletak di Gelaman, Kabupaten Jepara Jawa Tengah. Dengan segala keindahan pemandangannya, dijamin Anda tidak akan pernah kecewa. Apalagi jika duduk dipinggiran waduk, seolah benar – benar berada di Pantai, ditambah semilir angin yang dapat menambah kesejukan.

  1. Pantai Ujung Batu Lawang

Pantai Ujung Batu Lawang ini memiliki spot wisata dengan bentuk petualangan. Mengapa begitu ? Tepat di ujung dusunnya mempunyai track yang cukup menantang adrenalin Anda. Jalan setapaknya pun punya banyak rintangan. Tempat ini menyisir bagian paling Utara di Pulau Karimunjawa.

Lokasi Pantai Ujung Batu Lawang di Desa Kemujan Jawa Tengah. Salah satu yang menjadi dampak tidak terurusnya tempat ini adalah karena adanya pepohonan lebat. Namun disisi lain ini merupakan nilai tambahnya karena menampilkan kesan natural dan juga alam bagi penyuka petualang.

  1. Bako Lolo

Tempat wisata selanjutnya di Karimunjawa adalah Bako Lolo yang bisa dijadikan sebagai destinasi Anda. Pemandangannya sungguh eksotis dan juga seru. Ini merupakan sebuah laguna, diapit dengan hutan bakau. Dengan begitu, tidak akan ada ombak karena telah terlindung oleh mangrove.

Lokasinya pun tidak jauh dengan Pantai Bunga Jabe dan juga berada tepat di sisi sebelah Barat Bandar Udara Dewadaru Kabupaten Jepara Jawa Tengah. Di Bako Lolo Anda bisa mencoba untuk bermain sampan yang nantinya akan dipandu oleh beberapa warga sekitar.

  1. Pantai Bunga Jabe

Pantai Bunga Jabe merupakan tempat wisata selanjutnya yang bisa dijadikan pilihan untuk Anda melihat pemandangan matahari terbit di pagi hari. Biasanya dikenal dengan pasirnya berwarna putih. Apalagi bila jogging dipinggir pantai dijamin pasti seru dan asik.

Pantai ini terletak di Kelurahan Kemujan dusun telaga, tepat di ujung Utara Karimunjawa. Lokasinya bisa dibilang mudah dicari, karena berada tepat pada belakang Bandara Dewadaru, nanti ada plang pinggir jalan yang menunjuk ke arah tempat ini.

  1. Pantai Batu Putih

Selain pantai Karimunjaw Anda bisa menikmati Batu Putih juga, letaknya berada di Pulau Kemujan daerah Dusun Jelamun. Keunikan dari tempat wisata ini adalah dia memiliki butiran pasir berwarna putih yang sangat halus.

Adapula keunikan lainnya yaitu memiliki bongkahan batu besar, letaknya tepat di area tepi pantai. Itulah mengapa dinamakan Pantai Batu Putih. Perjalanan yang ditempuh untuk ke tempat ini sebenarnya jauh dari jalan raya. Jadi harus turun bukit terlebih dulu.

  1. Hutan Mangrove Di Pulau Kemujan

Tak hanya pantai saja namun ada hutan mangrove lho. Bisa juga dijadikan destinasi darat Anda. Ini merupakan ciri khas dari Karjaw. Letaknya ada di Desa Kemujan, Kecamatan Karimun. Jalan yang perlu ditempuh sekitar 45 menit dari pelabuhan.

Pada gerbang depan, pengunjung akan dikenakan tiket dengan harga mulai dari Rp. 5.000 ke mangrove dan satu lagi ke taman nasional. Jadi totalnya Rp. 10.000 dalam sekali masuk. Lokasinya terletak di Kemujan, Karimunjawa Kabupaten Jepara Jawa Tengah. Waktu tutup nya pukul 5 sore.

  • Alun – alun Karimunjawa

Pasti Anda tidak kaget dengan kata “alun – alun”. Ya, di setiap daerah pasti ada. Di sana dapat dijumpai beberapa orang berjualan mulai dari makanan, pakaian, jasa, dan masih banyak lagi. Jika di Karimunjawa, tempat ini memiliki khasnya sendiri, seperti cumi/ikan bakar, pindang serani.

Masih banyak lagi lainnya yang dijual di alun – alun Karimunjawa ini. Untuk pedagang pernak – pernik dan kuliner hanya tersedia pada pukul 18:00 WIB hingga 22:00 WIB. Jika Anda ingin pergi kesana, cukup tanya kepada warga sekitar dimana tempatnya.

  • Bukit Joko Tuwo

Bukit Jowo Tuwo ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menikmati sunset. Lokasinya tak jauh dari alun – alun Karimunjawa atau pusat kotanya. Dari puncaknya, bisa melihat pemandangan laut lepas, pelabuhan dan lain – lain. Jam buka dimulai pukul 08:00 hingga 18:00. Tiket masuknya Rp. 10.000,-

Bukit Joko Tuwo ini terletak di Kecamatan Karimunjawa, Kabupaten Jepara Jawa Tengah. Tempat wisata ini mempunyai 3 keistimewaan juga, pertama dapat melihat kerangka mamalia yang cukup besar, kedua terdapat tasbih raksasa, ketiga pertunjukan senandung senja.

  • Bukit Love

Bukit Love bisa dijadikan destinasi darat Anda ketika telah puas mengunjungi beberapa pantai di Karimunjawa. Apalagi tempat wisata ini masih satu deretan dengan Joko Tuwo, tapi lokasinya dibilang agak jauh. Jam bukanya dimulai pukul 06:00 hingga 21:00.

Anda bisa menemukan ikon ikan kakak tua berwarna hijau terang, adapula tulisan Karimunjawa besar yang dapat ditemukan di Bukit Love ini. Bukit Love terletak di Dusun Jatikerep, Desa Karimunjawa, Kecamatan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Itulah tadi sedikit info untuk Anda yang ingin menjelajahi pulau-pulau kecil nan cantik di tempat wisata di Karimunjawa. Dan kami juga memiliki banyak pilihan paket wisata Karimunjawa yang tentunya murah dan diskon 5% untuk minimal 10 orang, untuk lebih jelasnya, silahkan hubungi kontak kami agar dapat informasi lebih detail dan jelas.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top