Snorkeling di Karimunjawa dengan Spot Terbaik dan Pengalaman Seru

Apakah berencana snorkeling di Karimunjawa? Tentunya ini menjadi kegiatan super mengasyikkan.

Nama Karimunjawa memang belum sepopuler Bali ataupun Lombok. Akan tetapi, tempat ini bisa menjadi pesaing terberat dua destinasi yang sudah populer tadi. Karimunjawa terletak di 80 km barat laut dari kota Jepara Jawa Tengah.

Tempat ini merupakan gugusan pulau-pulau kecil yang indah dan menawan. Pulau ini mulai dikembangkan sebagai destinasi wisata yang produktif dan potensial karena kekayaan alam bawah lautnya yang sangat melimpah.

Sebut saja salah satu aktivitas liburan yang paling diminati adalah snorkeling di Karimunjawa. Ingin mencoba tantangan menyelam di bawah laut? Yuk kunjungi pulau Karimunjawa sekarang juga!

Spot Snorkeling di Karimunjawa yang Mempesona

Pulau Karimunjawa terdiri dari 32 pulau dimana 27 pulau kecil tidak ada penghuninya, sedangkan 5 pulau lainnya merupakan pulau yang berpenduduk.

27 pulau cantik yang tidak berpenghuni ini menjadi tujuan utama dari wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Berikut ini adalah beberapa pulau terfavorit untuk aktivitas snorkeling di sini, diantaranya adalah :

  1. Pulau Menjangan Kecil

Pulau yang pertama kali menarik perhatian adalah Pulau Menjangan Kecil. Pulau ini adalah yang paling dekat dengan Karimunjawa.

Anda bisa menjangkau pulau menjangan ini dengan speedboat dalam waktu kurang dari 10 menit. Anda bisa menyewa dari jasa speedboat yang tersedia di sana.

Keunggulan pulau ini adalah warna warni ikan yang ada disana. Anda akan takjub dan seketika jatuh cinta pada ikan-ikan laut yang beraneka ragam warnanya.

Snorkeling di Karimunjawa ini sangat menyenangkan karena ikan-ikan ini tidak takut akan kehadiran manusia. Malah, mereka akan berenang mengelilingi penyelam sambil bersembunyi di terumbu karang yang masih alami.

  • Pulau Cemara Kecil

Meskipun berlokasi agak jauh dari Karimunjawa, namun snorkeling di tempat ini dijamin tidak akan mengecewakan. Di sini, Anda juga bisa berenang bersama ribuan ikan kecil nan cantik warnanya. Ikan-ikan di sini hampir serupa dengan ikan-ikan yang ada di pulau Menjangan Kecil meskipun letaknya agak berjauhan.

Terumbu karang di sekitar pulau cemara kecil masih sangat bervariasi dan alami. Beruntung sekali karena pulau-pulau cantik ini jauh dari eksploitasi manusia yang kurang bertanggung jawab. Anda akan melihat terumbu-terumbu karang seperti yang ada di film-film.

  • Pulau Tengah

Jika Anda cukup bernyali, silahkan pergi agak lebih jauh dari Pulau Karimunjawa Besar. Di sana, Anda akan menemukan sebuah pulau yang dinamakan Pulau Tengah. Anda akan melihat barisan terumbu karang yang menjulang tinggi seperti tembok. Pada saat air laut surut, barisan terumbu karang ini bahkan akan nampak ke permukaan laut.

Ini sangat cocok sebagai tempat snorkeling di Karimunjawa. Selain menikmati terumbu karang, Anda juga bisa bermain-main dengan hiu kecil di penangkarannya. Pulau ini juga memiliki penangkaran hiu seperti di Karimunjawa Besar, hanya saja jumlahnya tidak sebanyak yang ada di Karimunjawa Besar.

  • Pulau Kecil

Perjalanan selanjutnya bisa Anda lanjutkan ke sebuah pulau kecil. Ya, namanya memang pulau Kecil yaitu sebuah pulau yang terletak tidak jauh dari pulau tengah. Lokasinya hanya 30 menit berspeedboat dari pulau Karimunjawa besar.

Pulau ini disebut-sebut sebagai pulau dengan kehidupan laut paling indah di kawasan Karimunjawa. Terumbu karang di pulau kecil memang yang paling cantik dan sehat dari semua pulau di Karimunjawa.

Gugusan terumbu karang ini seolah membentuk hutan terumbu bawah laut yang sangat subur. Anda bisa menemukan berbagai macam bentuk terumbu karang mulai dari yang berukuran mini hingga berukuran sebesar lemari. Semua benda-benda ini akan membuat Anda takjub.

Tips Kegiatan Snorkeling di Karimunjawa

Snorkeling memang merupakan aktivitas yang sangat seru dan menantang. Menyelami alam bawah laut dengan segala pesonanya membuat kita patut menyadari bahwa keindahan tidak hanya ada di permukaan tanah.

Namun, snorkeling di Karimunjawa bisa menjadi kegiatan yang berbahaya jika tidak dilakukan dengan bimbingan yang tepat. Oleh sebab itu, Anda harus memperhatikan tips berikut ini supaya snorkeling di pulau ini bisa benar-benar seru dan tidak membahayakan. Diantaranya adalah :

  1. Gunakan Pakaian Renang

Mungkin tips ini terdengar lucu dan agak kurang masuk akal. Hal ini dikarenakan ada beberapa orang yang mungkin merasa risih atau kurang nyaman menggunakan pakaian renang yang ketat.

Oleh sebab itu, mereka menggantinya dengan pakaian yang agak longgar. Namun bagaimanapun juga, snorkeling sebaiknya diusahakan menggunakan pakaian renang.

Jika Anda melakukannya, hal ini akan menyulitkan Anda sendiri. Pergerakan di dalam air akan menjadi semakin kurang bebas.

Sebab, beban pakaian yang berlebih. Anda akan kesulitan karena pakaian longgar yang dikenakan. Oleh sebab itu, untuk melakukan snorkeling memang yang paling tepat adalah menggunakan pakaian renang.

  • Gunakan Kamera Underwater

Untuk mendapatkan hasil dokumentasi yang maksimal selama snorkeling di Karimunjawa, sebaiknya gunakan kamera underwater. Pemandangan dan momentnya akan terlalu sayang untuk dilewatkan dengan hanya kamera biasa.

Anda tidak setiap saat bisa berkunjung ke tempat ini. Oleh sebab itu, sebelum menyesal karena tidak bisa mengambil hasil gambar yang bagus, persiapkan kamera underwater sejak jauh-jauh hari.

Biasanya, tim pendamping snorkeling yang bertugas akan membawa kamera untuk membantu mengabadikan moment. Namun, file foto Anda akan tercampur dengan foto orang lain dan bisa memakan waktu untuk memilih-milihnya.

Lagipula, menggunakan kamera tim pendamping akan membuat Anda tidak leluasa mengambil gambar.

  • Gunakan Alat Snorkeling Lengkap

Jangan terjun ke laut sebelum menggunakan alat snorkeling dengan lengkap. Bahkan, sebelum masuk ke laut pun, Anda harus sekali lagi mengecek kelengkapan peralatan Anda. Peralatan ini akan memudahkan Anda dalam beraktivitas.

Pada dasarnya, peralatan snorkeling tidak sebanyak peralatan menyelam. Snorkeling hanya membutuhkan 3 alat utama yaitu kaca mata renang, alat bantu pernafasan dan sepatu katak.

  • Taati Peraturan Tim Pendamping

Anda tidak akan dibiarkan sendirian dalam melakukan aktivitas snorkeling di Karimunjawa. Pasti akan ada tim pendamping yang bertugas membantu dan mendampingi Anda. Di sini, Anda harus mematuhi peraturan yang mereka berikan.

Jangan bertindak di luar sepengetahuan dari tim pendamping. Hal ini bisa berakibat fatal dan membahayakan diri Anda sendiri.Snorkeling memang tidak ditujukan ke laut yang lebih dalam.

Meskipun demikian, Anda harus tetap menjaga diri supaya tidak membahayakan diri seperti tergores terumbu karang tajam dan lain sebagainya. Luka yang mengakibatkan keluarnya darah bisa menjadi hal berbahaya. Hal ini bisa mengundang hiu untuk menjadi agresif dan menyerang Anda.

  • Gunakan Jasa Tour

Anda bisa saja berkunjung sendiri ke Karimunjawa dengan cara backpacker. Namun, akan lebih seru dan menyenangkan jika Anda menggunakan paket wisata Karimunjawa yang disediakan oleh jasa tour. Pihak jasa tour akan menghandle perjalanan Anda dengan lebih profesional dan berpengalaman. Liburan Anda akan terasa lebih asyik dan terencana.

Snorkeling ke Karimunjawa bisa dijadikan salah satu agenda wisata di waktu liburan mendatang. Kegiatan yang satu ini tidak hanya menantang dan seru namun juga mampu menghadirkan pengalaman yang berbeda dari tempat lain. Liburan kali ini pasti akan menjadi kenangan terindah dalam pengalaman-pengalaman liburan Anda lainnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top