Semarang tidak seperti kota lain di Jawa. Suasana kehidupan multikultural yang hidup selama berabad-abad meresap di setiap sudut kota. Warisan budaya bersama dengan makanan tradisional adalah daya tarik utama wisata Semarang yang tidak dapat ditolak oleh siapa pun.

Oleh karena itu, ketika Anda menjelajahi Semarang, Anda mungkin tiba-tiba menghadapi sebuah bangunan bersejarah atau bahkan barang antik kuno. Untungnya, Semarang memiliki banyak sekali destinasi wisata yang beragam untuk dijelajahi, jadi Anda tidak akan pernah bosan jika mengunjungi kota ini. Penasaran apa saja destinasi wisata yang ada di kota ini?

Destinasi Wisata di Semarang

Umbul Sidomukti

 Jika Anda adalah tipe orang yang menyukai ketinggian dan petualangan, Anda bisa datang mengunjungi Umbul Sidomukti di Ungaran. Di sini, Anda bisa berjalan melintasi lembah di Jembatan Laut khas wisata ini. Jika dilihat sekilas, mungkin jembatan gantung di wisata ini terlihat sederhana untuk dilintasi, tetapi untuk melewatinya dibutuhkan kekuatan mental dan fisik untuk menyelesaikan lintasan.

Anda bisa menyeberangi jembatan ini dengan berdiri jika memang memiliki keseimbangan yang bagus. Atau jika Anda takut dengan ketinggian, Anda bisa berjalan dengan cara merangkak. Semua cara bisa Anda lakukan ketika melewati jembatan ini. Saat melintasi jembatan, cobalah untuk menikmati pemandangan pegunungan di wisata ini.

Selain bermain dengan jembatan, Anda juga bisa berenang di kolam mata air yang bertengger di pinggir Umbol Sidomukti ini. Konon kolam renang di Umbul Sidomukti ini memiliki khasiat terapeutik dan penyembuhan.

Anda akan menyaksikan bahwa kolam ini benar-benar jernih dan berkilauan. Jika Anda tertarik untuk berenang di kolam ini, maka Anda perlu membawa pakaian renang sambil menyaksikan udara pegunungan yang segar.

Lawang Sewu

Lawang Sewu adalah sebuah destinasi wisata yang sangat populer di Semarang. Wisata dengan bangunan khas Belanda ini terkenal dengan aura mistisnya. Konon, Lawang Sewu dahulunya bekas sebuah kantor kereta api negara Belanda. Namun ketika Belanda telah diusir oleh Jepang, maka kantor ini berubah menjadi sebuah markas militer.

Nah, ada ruang bawah tanah Lawang Sewu yang konon menjadi tempat para tahanan disiksa dan juga dibunuh.

Penduduk setempat percaya bahwa ada hantu berada di ruang bawah tanah gedung ini dan adapula hantu tanpa kepala berkeliaran di koridornya. Di gedung ini biasanya sering ada penampakan yang menyeramkan. Konon, hantu itu adalah noni-noni Belanda.

Meskipun wisata ini memang menyeramkan, namun Lawang Sewu yang artinya”seribu pintu” ini adalah sebuah wisata yang patut untuk dikunjungi sebab arsitektur Belanda yang dipugar menjadi sebuah wisata yang indah.

Gedong Songo

Gunung Ungaran adalah rumah bagi Gedong Songo, sebuah kuil Hindu kuno dengan sembilan bangunan berbeda yang bertengger di lereng gunung yang lebih tinggi. Pemandangannya di wisata ini sangat indah dikelilingi oleh langit cerah dan pemandangan gunung berapi di dekatnya.

Gedong Songo adalah wisata sejarah yang dipadu padankan dengan pemandangan yang menakjubkan, semuanya digabung menjadi satu. Anda yang penasaran dengan keindahan wisata ini bisa mengunjungi Desa Candi, Bandungan, Semarang.

 Perjalanan menuju Gedong Songo juga bisa ditempuh dengan menunggang kuda atau berjalan kaki. Anda yang mungkin kelelahan, sangat disarankan untuk menaiki kuda karena dengan kuda inilah, Anda bisa mendaki lereng yang berkelok-kelok.

Menunggang kuda lebih cepat untuk menyelesaikan perjalanan Anda sampai ke gedung 9 dan memberi Anda pemandangan yang lebih tinggi dari pemandangan di bawah. Namun, jangan kaget jika paha dan punggung Anda mulai terasa sakit keesokan harinya.

Toko Oen

Toko Oen adalah sebuah toko yang legendaris dari semua restoran di Semarang. Tidak banyak yang berubah dalam 80 tahun berdiri sejak masa kolonial Belanda. Dari langit-langit tinggi dan jendela kaca ukuran penuh, hingga menu perpaduan Belanda-Cina-Indonesia, Toko Oen tetap mempertahankan karakternya.

Makan di Toko Oen seperti mengajak Anda kembali lagi ke masa kolonial. Anda akan dibuat terbuai dengan bangunannya yang indah. Wisata kuliner Semarang ini wajib Anda coba jika berada di Semarang.

Kuil Sam Poo Kong

Wisata Semarang selanjutnya adalah Kuil Sam Poo Kong. Meskipun kuil ini adalah merupakan tempat pemujaan bagi umat Buddha, namun wisata ini juga terbuka untuk umum. Sebenarnya kuil Sam Poo Kong sendiri sengaja dibangun untuk Laksamana Cheng Ho.

Masyarakat Semarang kala itu sangat menghargai jasa-jasa Laksamana Cheng Ho sehingga mereka membangun sebuah kuil besar ini. Kuil ini kemudian menjadi wisata yang sangat populer.

Berjalan ke Sam Poo Kong membuat Anda serasa berjalan ke China dan pastinya akan memberi Anda pengalaman yang aneh di negeri Jawa. Tempat ini menjadi bukti keragaman dan keharmonisan berbagai budaya etnis di Semarang.

Rawa Pening

Rawa Pening adalah danau luas yang dibatasi oleh lanskap pegunungan yang menjulang tinggi. Selain keindahan dan kedamaiannya yang jelas, danau ini populer di kalangan penduduk lokal dan turis karena kaya akan mitos.

Legenda mengatakan bahwa seorang bocah lelaki menancapkan tongkat ke tanah, menantang penduduk desa yang jahat untuk mengambilnya. Seekor ular raksasa bernama Baruklinting mencabut tongkat itu, meninggalkan lubang menganga yang mulai mengisi desa dengan air. Sayangnya, letak danau Rawa Pening ini cukup jauh dari kota Semarang, menghabiskan waktu sekitar 1,5 jam dari pusat kota.

Gardu Pandang Lereng Petir

Salah satu wisata Semarang yang juga tidak boleh Anda lewatkan adalah Gardu Pandang Lereng Petir. Wisata gardu pandang ini berada di ketinggian 715 mdpl dan posisi wisatanya ini benar-benar persis ada di samping tebing.

Menariknya dari wisata alam ini adalah pengunjung bisa bebas hunting foto karena areanya sangat instagrammbale. Bahkan tempat wisata ini juga benar-benar menyejukkan karena memang dipenuhi dengan berbagai tanaman hijau.

Pemandangan terindah di tempat ini adalah ketika matahari terbit atau bisa juga saat sunrise. Jika Anda ingin melihat keindahan wisata Semarang satu ini ketika sunrise atau sunset, maka sangat disarankan untuk berkemah di camping ground yang telah disediakan.

 Sambil menunggu matahari yang indah terbit dari gardu pandang ini, Anda juga bisa berkemah sambil menikmati pemandangan kota Semarang yang mempesona di malam hari karena ada banyak sekali lampu yang berkerlip indah.

Nah, untuk menuju ke wisata satu ini, Anda harus melewati jalan yang bisa dibilang tidaklah mudah. Menelusuri wisata ini akan benar-benar memicu adrenalin Anda, jadi pastikan Anda harus benar-benar waspada.

Wisata Semarang memiliki lebih dari satu cara dengan pesonanya yang tenang dan sederhana untuk memukau siapapun yang mengunjungi kota ini. Bagi Anda yang bingung destinasi wisata mana saja yang perlu dikunjungi saat ke Semarang, semoga daftar rekomendasi di atas bisa membantu, ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top