Karimun Jawa Island adalah sebuah pulau di area kabupaten Jepara, Jawa Tengah yang begitu kaya oleh flora dan fauna beserta keindahan pantai dan pulaunya yang eksotis. Kawasan ini memiliki beberapa jenis ekosistem flora, seperti terumbu karang, hutan mangrove (lamun), hutan pantai, dan hutan dataran rendah.

Di sisi lain, fauna juga beragam, seperti rusa dan monyet ekor panjang serta fauna akuatik yang terdiri dari 242 spesies ikan hias dan 133 marga akuatik. Selain itu, di lokasi ini juga terdapat satu jenis fauna langka yang hidup di Pulau Burung dan Pulau Geleang, seperti elang laut dada putih, dan dua jenis penyu yaitu penyu paruh elang dan penyu hijau.

Letak Karimun Jawa Island

Karimun Jawa Island terletak sekitar 80 kilometer dari Jepara di pantai utara Jawa Tengah, gugusan indah dari 27 pulau tropis yang membentuk kepulauan Karimunjawa. Pulau ini menjadi tujuan yang semakin populer bagi wisatawan domestik, terutama di akhir pekan, dengan semakin banyak wisatawan asing yang juga menemukan pesonanya.

Apa yang tampak seperti satu pulau utama berbentuk kelinci yang ternyata dibagi menjadi dua buah pulau. Pulau yang terbagi ini dipisahkan oleh saluran sempit dan dinamakan dengan Pulau Kemujan di utara dan Pulau Karimun Jawa di selatan.

Kedua pulau ini mencakup area seluas sekitar 3.500 hektar. Punggung bukit berhutan menutupi Pulau Karimun Jawa dan terjepit di antara hutan dan ujung selatan adalah kota utama pulau yang juga disebut Karimun Jawa.

Nah,  di Karimun Jawa Island ini, Anda akan menemukan banyak akomodasi dan pelabuhan. Dengan keindahan alam terumbu karang, rumput laut, dan lamun dengan keanekaragaman biota laut, hutan mangrove, pegunungan dan hutan tropis dataran rendah yang tersisa Anda bisa nyaman seharian berwisata ke tempat ini.

Ya, Anda bisa menyaksikan  semuanya hanya di Karimun Jawa. Tidak heran jika Karimun Jawa Island dinobatkan sebagai Taman Nasional Laut. Iklim di pulau ini sangat panas ketika musim kemarau (sekitar April hingga Oktober) dan basah serta lembab di musim hujan (Desember hingga Maret).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top