Thekarimun.com – Freon menjadi salah satu komponen AC yang mempunyai peranan penting. Bahkan, keberadaannya berguna dalam jangka panjang. Disisi lain tekanan freon AC cukup beragam, sehingga penggunaan ukuran tekanan juga berbeda. Salah satunya tekanan freon AC 1 2 PK yang banyak tersedia di pasaran saat ini.

Mengenal Ukuran Tekanan Freon AC 1 2 PK

Bagi sebagian orang ukuran tekanan freon AC menjadi hal yang tidak penting. Padahal sebenarnya mengetahui ukurannya sangatlah penting agar lebih mudah untuk menggunakan ukuran tekanan yang tepat.

Jika Anda menggunakan AC dengan freon 1 / 2 PK, maka tekanannya bisa 60 psi dan 70 psi. Begitu juga seterusnya jika menggunakan freon 3 / 4, maka ukuran tekanan freon yang tepat untuk melakukan pengisian  yaitu 80 psi sampai 90 psi.

Ada faktor lain yang harus anda ketahui dalam menentukan ukuran tekanan freon AC, Salah satunya yaitu menyesuaikannya dengan tipe file. Pasalnya setiap tipe freon mempunyai ukuran tekanan yang berbeda. 

Ciri-ciri Freon AC yang Kosong

Seperti penjelasan sebelumnya jika freon mempunyai peranan penting pada AC, sehingga jika dalam keadaan kosong bisa menghambat kinerja AC itu sendiri. Maka dari itu sebagai pengguna aset penting untuk mengetahui bagaimana ciri-ciri freon yang kosong.

Pipa Tidak Terasa Dingin

Ciri-ciri pertama yang menunjukkan jika freon AC dalam keadaan kosong yaitu pipa tidak lagi terasa dingin. Jadi, untuk mengecek Apakah pipa dalam keadaan dingin atau tidak, bisa langsung menyentuhnya.

Selain pipa AC tidak terasa dingin, biasanya bersamaan dengan bagian AC tidak ada bunga-bunga es. Padahal biasanya pasti yang bekerja dengan maksimal selalu menghasilkan bunga-bunga es. Desa tersebut menandakan alasan mengeluarkan udara dingin.

Ruangan Tetap Terasa Dingin

Setiap orang pasti sudah memahami jika AC mempunyai fungsi untuk membuat ruangan terasa lebih dingin, terutama di saat udara sedang panas-panasnya. Seperti halnya tekanan freon AC 1/2 PK yang mampu melembabkan udara.

Tidak hanya itu saja, AC juga sangat berguna untuk menstabilkan suhu ruangan. Namun, jika AC tidak lagi bisa membuat ruangan menjadi dingin, sudah pasti jika freon dalam keadaan kosong atau habis. Maka dari itu, kondisi seperti ini harus segera melakukan perbaikan. 

Terjadi Kebocoran

Ciri-ciri selanjutnya yang menunjukkan freon dalam keadaan kosong atau habis yaitu terjadi kebocoran air. Tahukah Anda bagaimana hal seperti ini bisa terjadi? Sederhananya freon yang habis bisa menyebabkan penggumpalan pada bagian evaporator.

Tanpa sadar jika kebocoran AC akan berlangsung dalam jangka waktu yang lama selama tidak segera melakukan perbaikan. Selain tidak bisa mengeluarkan suhu dingin, kebocoran AC seperti ini juga membuat ruangan menjadi kotor. 

Lampu Indikator Hanya Berkedip-kedip

Setiap jenis AC pasti mempunyai lampu indikator yang biasanya berguna sebagai lampu timer atau lainnya. Perlu Anda ketahui Jika lampu indikator pada AC cukup penting untuk mendapatkan perhatian, karena dapat menunjukkan berbagai jenis kerusakan.

Seperti halnya jika freon dalam keadaan kosong atau habis, biasanya lampu indikator akan berkedip. Selain itu, lampu indikator pada AC yang berkedip-kedip juga bisa terjadi karena beberapa masalah pada kompresor hingga komponen elektronik.

Kurang lucu itulah penjelasan mengenai tekanan freon AC 1 2 PK lengkap dengan ciri-cirinya. Setidaknya dengan mengetahui penjelasan ini bisa menambah pengetahuan dan dapat mengantisipasi freon dalam keadaan kosong karena berdampak pada kinerjanya.

Rekomendasi layanan jasa service Ac profesional berikut linknya: https://thekarimun.com/jasa-service-ac-surabaya/

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top