Yuk, cari tahu dulu cara ke Karimunjawa dengan pemberangkatan dari beberapa kota

Karimunjawa memang juaranya soal destinasi wisata bahari. Memiliki gugusan pulau eksotis dengan pantai menawan. Sesampainya di sana dijamin kamu nggak ingin pulang. Ada banyak aktivitas bisa dilakukan di kepulauan yang terletak di utara Jepara, Jawa Tengah ini. Mulai dari berenang, snorkeling, menyaksikan sunset dan tracking hutan mangrove, sampai berkeliling pulau-pulau kecilnya. Kamu juga tertarik untuk kesana?

Karimun Jawa adalah sebuah kepulauan dari 69 Kepulauan yang terletak di Laut Jawa. Pulau ini terletak sekitar 80 kilometer barat laut Jepara. Keindahan pulau ini tidak terlepas dari sejarah masa lalu. Ada beberapa legenda yang dipercaya membentuk pulau yang indah ini. Penasaran bagaimana sejarah pulau ini?

Sejarah Karimun Jawa

Menurut legenda setempat, Karimun artinya tidak jelas, karena pada cuaca cerah pulau-pulau tersebut dapat terlihat dari pantai daratan Jawa, tetapi tidak jelas. Karimun Jawa awalnya dihuni oleh Sunan Nyamplungan, putra dari Sunan Muria, salah satu Sunan yang memperkenalkan Islam ke Jawa.

Karimun Jawa lebih terkenal dari Bali (yang hanya menjadi basis bajak laut sejak lama) sejak berabad-abad. Pulau ini telah dikenal oleh para navigator di seluruh dunia sebagai surga di jalan perdagangan melalui laut Jawa ke Kalimantan atau Pulau Rempah-rempah dan dapat ditemukan di bawah nama yang berbeda (Tortuga, Chirimao, Carimon Jawa) di semua peta daerah.

Sumber Sejarah menceritakan penemuan pulau ini diprakarsai oleh Tentara Cina yang dikirim oleh kaisar Kubhilai Khan pada 1293 (mereka menamakannya CHI-LI-MEN), diikuti oleh navigator Turki Ottoman pada tahun 1403, Portugis, Belanda, Prancis Inggris dll. Penelitian arkeologi terbaru menemukan porselen dari dinasti Ming di pulau ini

Banyak pedagang-pedagang akhirnya berhenti di Karimun Jawa dalam perjalanannya berdagang dari Australia ke Thailand atau laut Cina. Namun, adapula legenda yang mengatakan bahwa ejarah Karimunjawa berawal ketika Sang Suci atau Sunan Muria mengevakuasi putranya yang nakal, Amir Hasan ke pulau yang terlihat “kremun-kremun” atau samar untuk mengendalikan ulahnya yang nakal dan belajar tentang agama.

Berdasarkan kara “kremun-kremun” itu, tempat ini dinamakan pulau Karimun. Karimun Jawa sendiri terdiri dari 1.500 hektar tanah dan 110.00 hektar perairan. Makanya, ada beberapa pulau kecil yang dihuni penduduk lokal, seperti Karimun Jawa, Kemujan, Nyamuk, Parang dan Pulau Genting, sisanya tidak berpenghuni.

Penduduk lokal yang bermukim di Karimunjawa memiliki rumah adat yang khas. Suku yang hidup di dalamnya adalah, Jawa, Bugis, dan Madura.

Menelisik Keindahan Pulau Karimun Jawa

Kepulauan lepas pantai Karimun Jawa adalah salah satu destinasi wisata di Jawa Tengah yang mempesona. Pulau Karimun Jawa ini juga merupakan sebuah taman nasional laut yang  terdiri dari 27 pulau berpohon karang  dan  hanya lima di antaranya yang berpenghuni.

Sebagian besar penduduk pulau adalah orang Jawa tetapi ada beberapa keluarga Bugis dan Madura. Suku Jawa banyak bermukim di Dusun Karimun, Dusun Legon Lele, Dusun Nyamplungan, dan Dusun Mrican. Mereka bertani dan membuat industri rumah tangga, seperti batu bata merah dan minyak kelapa. Adapula yang mencari nafkah dari memancing dan membudidayakan rumput laut dan, semakin banyak, pariwisata.

Keindahan Pulau Karimun Jawa

Terletak sekitar 90 km di utara Jepara, pulau-pulau ini adalah surga tropis dengan pantai pasir putih, laut biru kehijauan, dan tempat peristirahatan yang santai. Dengan keistimewaan dan keindahan alam yang luar biasa eksotis, Karimunjawa menghadirkan sesuatu untuk menjadi destinasi wisata yang patut untuk dikunjungi.

Setiap orang bisa menyelam, snorkeling, memancing, berenang, berjemur, menjelajahi laut atau apapun yang berada di bawah jalur yang bisa dilalui. Akses ke Karimunjawa dapat dicapai dari Semarang melalui Pelabuhan Tanjung Mas atau ke Jepara melalui Kartini Jepara.

Perahu yang menuju Karimunjawa ini tidak beroperasi setiap hari, kebanyakan berlayar pada hari Sabtu atau Senin. Itu akan membutuhkan lebih banyak hari untuk menghabiskan lebih banyak dan menjelajahi lebih banyak. Secara keseluruhan, Karimunjawa adalah harta karun itu sendiri

Ditunjuk sebagai taman laut nasional. Karimunjawa terdiri dari 27 pulau kecil, yang utama adalah Karimunjawa, Kemujan, Menjangan Besar dan Menjangan Kecil. Sejak Juni 2016, listrik sudah mulai ada selama 24 jam di sebagian besar tempat di Pulau Karimunjawa, meskipun beberapa pulau lain mungkin menerima listrik paling sedikit enam jam per hari.

Sebagian besar fasilitas untuk turis bisa ditemukan di pulau terbesar, yang juga disebut Karimun Jawa. Pemukiman utama berada di ujung selatan Pulau Karimun Jawa. Di sinilah tempat feri berlabuh dan sebagian besar layanan dapat ditemukan. Akomodasi tersebar di seluruh pulau. Perjalanan ke pulau-pulau terjauh di nusantara akan memakan waktu dua jam atau lebih tergantung jenis perahu yang digunakan.

Inilah Cara ke Karimunjawa dari Jakarta

Ini khusus untuk Anda yang memilik paket wisata karimunjawa dari jakarta. Bagi kamu yang memulai perjalanan dari Jakarta bisa menggunakan transportasi darat maupun udara. Silahkan pilih mana yang lebih nyaman.

  • Naik kereta

Cara ke Karimunjawa lewat darat agar lebih hemat adalah naik kereta dari Stasiun Pasar Senen menuju Stasiun Semarang. Ada banyak jenis dan kelas pilihannya, sebab kereta api lintas utara pasti melewati ibu kota Jawa Tengah ini. Beberapa tarif tiket Jakarta-Semarang berdasarkan kelasnya, yaitu:

Kelas ekonomi. Kamu bisa naik kereta Tawang Jaya yang akan berhenti di Stasiun Poncol, Semarang. Tarifnya hanya Rp 45 ribu.

Kelas bisnis. Biasanya kereta Senja Utama dan Menoreh dengan tujuan Stasiun Tawang, Semarang. Biaya yang harus dikeluarkan lebih mahal mulai dari Rp 110 ribu-160 ribu.

Kelas eksekutif. Gunakan kereta Argo Muria atau Argo Sindiro dengan biaya antara Rp 200 ribu- Rp 250 ribu.

  • Naik bus

Ingin lebih hemat lagi? Kamu bisa ke sana dengan bus dari Jakarta dan berhenti di kota yang sama saat naik kereta. Biayanya hanya sekitar 150 ribu.

Sebenarnya, kamu bisa langsung menuju terminal Jepara, namun terkadang sulit mendapatkan bus rute tersebut. Untuk biaya jika naik bus:

Kelas ekonomi. Bus ber-AC tanpa menyediakan toilet tarifnya berkisar antara Rp 90 ribu-Rp 110 ribu. Sementara lama perjalanannya perkiraan 12 jam.

Kelas eksekutif (patas). Bus ber-AC dan toilet tarifnya mulai dari Rp 120 ribu- Rp 150 ribu. Waktu perjalanan dihabiskan 9 jam.

  • Naik pesawat

Sedangkan untuk kamu yang ingin transportasi udara, maka pemberhentiannya adalah Bandara Achmad Yani, Semarang. Silahkan pilih armada yang kamu suka. Entah itu Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air, Air Asia, atau Batik Air. Perjalanan maksimal membutuhkan waktu 2 jam (antisipasi delay). Untuk tarifnya seharga Rp 300 ribu-an.  

Setibanya di Semarang, perjalanan dilanjutkan menuju Jepara, tepatnya Pelabuhan Kartini. Transportasi umum yang bisa dipilih hanya bus, kecuali kamu mau menyewa travel mobil. Jika kamu berhenti di terminal, jarak ke pelabuhan sekitar 2 km. Nah, di pelabuhan inilah tempat antre sewa kapal untuk menyebrang ke Karimunjawa.

Berikut Cara ke Karimunjawa dari Semarang

Semarang adalah kota paling dekat jaraknya dengan jepara, namun jika Anda memilih paket wisata Karimunjawa dari Semarang anda harus perhatikan poin pentingnya untuk menuju ke pulau Karimun jawa. Cara ke karimunjawa hanya perlu melanjutkan perjalanan menuju Jepara.

  • Naik bus

Jika menggunakan transpotasi umum dimulai dari lintas kota Semarang dan pemberhentiannya adalah terminal Jepara. Kelas bus yang bisa dipakai:

Kelas ekonomi. Lama perjalanan ditempuh sekitar 3 jam dengan tarif Rp 50 ribu- Rp 60 ribu.

Kelas eksekutif (patas). Hemat waktu perjalanan menjadi 2 jam. Tarifnya Rp 90 ribu- Rp 120 ribu.

Sesampainya di terminal harus naik taksi lagi dengan tarif sekitar Rp 25 ribu ke Pelabuhan Kartini.

  • Naik mobil sewa

Sedangkan untuk pengguna kendaraan pribadi atau sewa mobil bisa langsung menuju Pelabuhan Kartini. Lakukan perbandingan harga antar jasa rental mobil dan lihat kredibilitasnya.  

Ada dua jenis kapal yang tersedia untuk menyeberang, yakni kapal feri dan kapal cepat. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Naik kapal feri, kamu hanya perlu membayar sebesar Rp 94 ribu, namun perjalanannya cukup lama sekitar enam jam.

Sedangkan kapal cepat kelebihannya adalah hanya membutuhkan waktu 2 jam untuk menyeberang, namun biayanya dibanderol dengan tarif mulai Rp 162 ribu.   

Ini Cara ke Karimunjawa dari Surabaya

Kamu dari daerah bagian timur? dan kamu memilih paket wisata Karimunjawa dari Surabaya? Mulai saja rute pemberangkatannya di Surabaya. Alternatifnya bisa menggunakan transportasi darat atau udara.

  • Naik bus

Bagi kamu yang suka naik bus pemberhentiannya nanti terminal Jepara. Lama perjalanan sekitar 8 jam. Sementara waktu pemberangkatan biasanya pukul 15.30 dengan tarif sekitar Rp 60 ribu untuk bus ekonomi non AC. Namun, karena rute pembarangkatan Surabaya-Jepara cukup jarang, alternatifnya adalah pilih rute Surabaya-Semarang.

  • Naik kereta

Transportasi darat lainnya adalah kereta dari Stasiun Pasar Turi dan harus berhenti di Stasiun Poncol, Semarang. Biaya yang harus dikeluarkan sekitar Rp 50.000 untuk kelas ekonomi. Lama perjalanannya kurang lebih 5 jam.

  • Naik pesawat

Lelah naik transportasi darat? Silahkan booking tiket pesawat sebagai cara ke Karimunjawa. Pemberhentiannya adalah Bandara Achmad Yani, Semarang. Lalu teruskan perjalanan dengan bus atau sewa mobil untuk sampai ke Pelabuhan Kartini

Apapun moda transportasi yang kamu pilih, jika pemberhentiannya adalah Semarang, maka harus melanjutkan perjalanan menuju Jepara, tepatnya Pelabuhan Kartini. Di sini, nanti kamu bisa menyewa kapal feri atau kapal cepat untuk menyebrang menuju Karimunjawa.

Ini Cara ke Karimunjawa dari Jogja

Kamu sedang menghabiskan liburan di Jogja? Dari sana jangan langsung pulang. Lanjutkan perjalanan wisata ke Karimunjawa ketik saja thekarimun dan jangan lupa pilih paket wisata karimunjawa dari jogja ya! Jaraknya tidak terlalu jauh kok.

  • Naik bus

Bila berangkat dari Jogja, bisa saja memakai transportasi umum berupa bus jurusan Semarang. Kemudian, berangkat lagi menuju Pelabuhan Kartini, Jepara.

Jika kamu berhenti di terminal Jepara, maka harus naik kendaraan lagi. Pilihannya adalah taksi seharga Rp 25 ribu atau becak seharga Rp 15 ribu. Silahkan pilih sesuai kenyamananmu.

Cara ke Karimunjawa dari Bandung

Untuk menuju ke Karimunjawa juga dapat ditempuh melalui Bandung. Sama dengan pemberangkatan dari beberapa kota sebelumnya, di sini kamu juga dapat memilih paket wisata karimunjawa dari Bandung dan pilih transportasi darat maupun udara yang bertujuan ke Semarang atau langsung ke Jepara.

  • Naik bus

Jika naik bus cari rute Bandung-Jepara. Rata-rata biaya yang harus dikeluarkan sekitar Rp 200 ribu. Lama perjalanan sekitar 11 jam. Cukup melelahkan memang, namun semua akan terbayar dengan keindahan luar biasa Karimun Jawa.

  • Naik kereta

Sementara untuk kamu yang lebih nyaman naik kereta, pemberhentiannya adalah Stasiun Poncol, Semarang. Kelebihan cara ke Karimunjawa dengan kereta adalah waktunya lebih sedikit yakni 8 jam. Namun, tarif yang harus dibayar sekitar Rp 225 ribu sampai Rp 280 ribu.

  • Naik pesawat

Pilihan transportasi lain adalah pesawat. Perjalanan dimulai dari Bandara Husein Sastramegara menuju Bandara Achmad Yani. Sesampainya di Semarang, kamu masih harus naik transportasi umum ke Jepara, tepatnya di Pelabuhan Kartini. Dari sini nanti kamu menyewa kapal cepat atau feri untuk ke Karimunjawa.  

Demikian cara ke Karimunjawa yang bisa dijadikan panduan. Untuk pergi kesana, kamu bisa memanfaatkan paket wisata Karimunjawa. Ini adalah cara terbaik supaya tak perlu ribet memikirkan daftar destinasi, akomodasi, penginapan, dan kebutuhan lainnya. Kamu hanya perlu memesan paket untuk beberapa hari, selanjutnya tinggal santai menikmati liburan. Kalau ada yang mudah, kenapa harus mempersulit? Liburan ke Karimunjawa adalah waktunya memanjakan diri dan keluarga tercinta. Selamat berlibur dan segera booking paket wisata ke Karimunjawa, ya.

PENTING! Jika ada pertanyaan terkait perjalanan wisata dari kota Anda bisa menghubungi kontak bantuan

2 komentar untuk “Bagaimana Cara ke Karimunjawa? Pelajari Rutenya Disini!”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top