Batuk merupakan salah satu gejala infeksi saluran pernapasan atas (ISPA). Terhitung 10-15% anak-anak di Indonesia kerap alami penyakit ini hingga lebih dari 6 kali setiap tahunnya. Pahami titik pijat batuk bisa jadi pilihan cara dalam mengurangi gejala selain konsumsi obat-obatan.

Gejala lainnya yang umum dirasakan ketika terserang batuk ialah demam, badan lemas, kehilangan nafsu makan, sakit kepala, sakit tenggorokan, hidung tersumbat, serta pilek. Tingkat keparahan gejala tergantung pada kondisi masing-masing penderitanya.

Menekan Titik Pijat Batuk

Bagi sebagian orang, memberi tekanan pada titik pijat adalah pilihan tepat demi mengoptimalkan proses penyembuhan. Gejala ringan ISPA sebenarnya bisa sembuh dengan sendirinya ketika tubuh mulai kembali fit dan daya tahan tubuh meningkat. Terdapat tiga titik pijat untuk redakan batuk, yaitu:

1. Titik Pertama (Bladder 1)

Titik bladder 1 terletak di antara kedua mata atau pada jembatan hidung. Area ini umumnya terasa tidak nyaman ketika batuk, maupun flu. Tekan area bladder selama 10 detik dengan tekanan sedang, hindari beri tekanan terlalu kuat dan kencang. Lakukan berulang hingga 8-10 kali.

2. Titik Kedua (Large Instine 20)

Selanjutnya titik pijat pada bagian hidung. Area yang harus ditekan berupa sisi pinggir lubang hidung kiri dan kanan. Tekan dengan durasi 10 detik dan ulangi 2-3 kali saja dengan tekanan sedang atau tidak terlalu keras.

3. Titik Ketiga (Large Instine 19)

Titik ketiga berupa area bawah lubang hidung, tepatnya di antara hidung dan bibir atas. Tekan dengan tekanan sedang sekitar 10 detik. Lakukan hingga 2-3 kali.Ketiga titik juga bisa ditekan secara bersamaan menggunakan gerakan jari yang memutari area hidung.

Pijat Batuk pada Bayi

Berbeda dengan anak-anak dan orang dewasa, bayi yang alami gejala gangguan ISPA kemungkinan besar akan alami penurunan daya tahan tubuh lebih terasa. Memberikan tekanan pada titik pijat batuk bayi dalam mengurangi gejala bisa dilakukan dengan cara:

  • Memberi usapan atau menggosokkan jari ibu pada bagian atas hidung si kecil.
  • Lanjut dengan usap ke bagian bawah hidung yang lalu sambung dengan usapan ke pinggir pada area bawah mata.
  • Letakkan telapak tangan di dada anak dan usap lembut searah jarum jam.
  • Pindahkan usapan ke bagian punggung anak.
  • Gunakan baby oil untuk hindari iritasi akibat gesekan antara tangan kita dengan kulit sensitif si kecil.

Baca Juga: 5 Baby Spa Surabaya Terbaik, Ini Rekomendasinya!

Rutinitas untuk Pulih dari Batuk

Menjadi gejala ISPA yang tergolong umum, batuk bisa diatasi dengan mengubah rutinitas sehari-hari menjadi lebih terjaga dan teratur. Baik bagi anak kecil, maupun orang dewasa. Karena utamanya tubuh membutuhkan kekebalan dalam melawan batuk dan flu. Beberapa rutinitas tersebut di antaranya:

  • Pastikan istirahat yang cukup dan hindari begadang.
  • Konsumsi asupan bernutrisi dan minum air putih dalam jumlah cukup. Jauhi makanan dan minuman pemicu batuk.
  • Kenakan masker untuk menghindari penularan penyakit.
  • Kondisikan rumah bersih dan jaga kebersihan sekitar.
  • Konsumsi suplemen dan vitamin tambahan untuk lengkapi kebutuhan nutrisi.
  • Jauhkan diri dari pemicu alergi seperti benda-benda yang berdebu, mengurangi interaksi dengan hewan peliharaan, dan aktivitas lainnya.
  • Konsumsi obat-obatan khusus untuk redakan gejala batuk yang bisa dibeli di apotek atau atas resep dokter.

Mengaplikasikan gerakan pijatan menjadi alternatif dalam mengurangi rasa tidak nyaman ketika alami gejala batuk. Hubungi pijat Medan di 081-2-11-2222-56 bila Anda membutuhkan jasa pijat profesional berpengalaman yang memahami titik pijat batuk secara profesional.

Get Promo

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top