Jika Anda bepergian ke Jawa Tengah, jangan sampai ketinggalan untuk mengunjungi tempat wisata di Solo. Disana banyak ditemui berbagai macam pilihan destinasi bisa dinikmati bersama keluarga. Didukung masyarakatnya yang ramah menambah ciri khas kota budaya tersebut.

Rekomendasi 5 Tempat Wisata di Solo Klasik

Meskipun jarang menjadi pembicaraan banyak orang tentang wisatanya, ternyata di Kota Solo mempunyai banyak wahana sehingga perlu dikunjungi. Tidak perlu diragukan lagi, berbagai wahana disuguhkan untuk para pengunjungnya. Berikut 5 daftar destinasi liburan yang perlu direncanakan:

Taman Sriwedari

Salah satu objek wisata sejarah yang banyak pengunjungnya yaitu Taman Sriwedari. Ya, destinasi ini merupakan komplek taman dengan lokasi di Laweyan, Solo, dan sudah berdiri sejak kepemimpinan Pakubuwana X. Banyak juga ditemukan spot foto menarik.

Di taman sriwedari, terdapat Gedung Wayang Orang (GWO) sebagai tempat pertunjukan. Objek wisata ini sudah menjadi destinasi pusat seni, budaya masyarakat Solo. Anda cukup datang ke lokasi pada pukul 10.00 pagi sampai 22.00 malam dengan cukup membayar Rp. 3000 per orang.

Pura Mangkunegaran

Destinasi wisata selanjutnya yaitu Pura Mangkunegaran. Berlokasi di jalan Ronggowarsito, telah berhasil menjadi pusat kesenian budaya Kota Solo. Anda akan dimanjakan dengan bangunan bergaya khas Eropa dengan tulisan Kavalerie-Artillerie.

Jika bisa, datanglah pada hari rabu karena bakal ada pagelaran gamelan rutin, serta terdapat sanggar tari tradisional. Selain itu juga disediakan paket wisata Mankunegaran Royal Dinner, untuk yang berminat makan malam suasana khas keraton. Biaya masuknya sekitar Rp. 10.000 saja.

Benteng Vastenburg

Wisata sejarah satu ini berlokasi di Jalan Sudirman Kedung Lumbu, Pasar Kliwon, Kota Surakarta. Sebuah bangunan yang didirikan saat Belanda menjajah Indonesia dahulu. Memiliki keunikan tersendiri, pasalnya jika dilihat dari udara, ke empat sudut Benteng ini berbentuk seperti kerucut.

Selain itu, benteng memiliki luas kurang lebih 40.000 meter persegi. Sangat cocok untuk tempat berfoto bersama teman. Saat ini, area bangunan peninggalan ini sudah dibuka untuk umum. Pengunjung tidak perlu khawatir, selain bisa dikunjungi secara gratis, objek buka selama 24 jam.

Museum Sangiran

Wisata klasik selanjutnya yaitu Museum Sangiran. Salah satu yang sudah diakui UNESCO sebagai warisan dunia karena adanya situs arkeologi purbakala. Meskipun letaknya tidak tepat di Kota Solo, tetapi wisata sejarah ini juga patut dikunjungi.

Di Sangiran terdapat 2 tempat bersejarah, yang pertama Museum Manusia Purba dan Museum Fosil. Harga tiket masuknya tiap pengunjung dikenakan tarif sebesar Rp. 8.000, dari yang awalnya Rp. 5.000. waktu operasionalnya yaitu mulai pukul 08.00 sampai 16.00.

Museum Keraton Solo

Selanjutnya yaitu Museum Keraton Solo, yang berlokasi di Jalan Sidikoro, Baluwarti, Pasar Kliwon, Kota Surakarta. Sebuah destinasi wisata sejarah yang kaya akan nilai seni dan tradisi daerah setempat. Di bangun sejak tahun 1743 sampai 1745.

Di dalamnya terdapat banyak sekali barang peninggalan keluarga kerajaan, diantaranya alat-alat pribadi sampai senjata antik, semuanya tersimpan rapi. Pengunjung harus berperilaku sopan jika ingin masuk lingkungan Keraton. Tiket masuknya sekitar Rp. 10.000 sampai Rp. 15.000.

Itulah tadi beberapa rekomendasi tempat wisata di Solo klasik wajib Anda kunjungi bersama keluarga untuk berlibur. Dari ke 5 daftar di atas, sebenarnya masih banyak lagi destinasi sejarah  lainnya yang juga sama serunya. Jika melintasi kota ini, usahakan mampir ke salah satu lokasi.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top