Karimunjawa terdiri dari berbagai macam pulau baik berpenghuni maupun tidak. Pulau utamanya bernama Pulau Karimunjawa dengan gugusan pulau kecil cantik mengelilinginya. Salah satu yang menarik untuk wisata adalah Pulau Cemara besar Karimunjawa.

Aktivitas Wisata di Pulau Cemara Besar Karimunjawa

Banyak aktivitas dan kegiatan wisata yang bisa Anda lakukan pada pulau ini. Caranya bisa dengan bepergian sendiri ataupun mengikuti open trip Karimunjawa. Peserta open trip biasanya sudah memiliki jadwal tertentu, meeting point di suatu lokasi, dan berangkat bersama-sama dengan kapal.

1. Berenang dan Mandi di Pantai

Pulau ini memang nampak hijau dan rindang. Terlebih, hamparan panati pasir putih yang elok san cukup luas. Belum lagi suasanya saat air surut membuat mandi dan berenang Anda terasa lebih nyaman lagi. Belum lagi, banyak fasilitas mewah yang bisa didapatkan.

Baca Juga: Liburan Seru di Royal Ocean View Beach Resort Karimunjawa

2. Bakar Ikan Pinggir Pantai di Pulau Cemara Besar Karimunjawa

Pulau yang satu ini menjadi salah satu tujuan destinasi wisata Taman Nasional Karimunjawa. Banyak wisatawan dari luar kota datang kesini hanya untuk barbeque pinggir pantai. Mereka membeli ikan dari penjual setempat atau bahkan membawa dari Jepara.

Ketika sedang ke Pulau Cemara Besar ini ketika masih di atas kapal anda akan melihat ikan-ikan berenang dengan sangat jelas berada di bawah kapal yang anda naiki. Nelayan lokal biasa menangkap dan menjual ikan tersebut untuk wisatawan. Selain itu juga banyak penduduk lokal yang berjualan ikan di pantai.

3. Wisata Selfie dan Foto

Anda tentu tidak bisa melewatkan hal ini jika berkunjung ke Karimunjawa tepatnya di Cemara Besar. Ada juga berbagai fasilitas seperti ayunan dari kayu yang dapat Anda gunakan untuk berfoto. Tentunya, membuat hati lebih rilex.

Cara ke Pulau Cemara Besar

Untuk mengunjungi Pulau Cemara Besar Karimunjawa membutuhkan waktu 45 menit dari dermaga utama Karimunjawa. Letaknya ada di bagian barat pulau utama. Meskipun kawasan ini juga bukan merupakan batas bagian barat dari wilayah Karimunjawa.

1. Mengikuti Paket Wisata yang Ditawarkan

Beberapa tour operator biasanya menjual paket wisata Karimunjawa atau yang sering menjadi open trip. Anda bisa mencari di internet tentang info jasa dari wisata dan tur ini. Penyelenggara biasanya sudah memiliki tempat lokasi menginap sendiri, itenerary, dan juga termasuk dalam spot wisata yang Anda datangi.

Cara ini paling mudah Anda lakukan karena akan bertemu di suatu tempat, lalu bersama-sama menaiki kapal menuju ke Karimunjawa. Kekurangan dari mengikuti open trip adalah tidak bisa menentukan jadwal sendiri. Anda harus bersama dengan belasan peserta lain mengikuti rencana yang sudah tersusun.

Baca Juga: Yuk Intip Serunya Backpacker ke Karimunjawa dari Jakarta

2. Backpacker Sendiri

Melakukan trip sendiri sangat menyenangkan karena dapat mengatur jadwal sesuai yang Anda inginkan. Hanya saja Anda harus ekstra mencari informasi jangan sampai salah alamat. Berangkat ke Karimunjawa dapat melalui jalur darat hingga ke Pelabuhan Kartini Jepara.

Langkah selanjutnya adalah menaiki ferry atau kapal cepat dari Jepara ke Pelabuhan Karimunjawa. begitu Anda sampai di lokasi maka dapat langsung pergi ke penginapan yang telah Anda booking sebelumnya. Atau menghubungi tour guide lokal setempat juga bisa menjadi pertimbangan.

Itulah aktivitas wisata dan cara ke Pulau Cemara Besar Karimunjawa. Cukup mudah kok untuk bepergian ke lokasi ini baik dengan trip maupun sendiri. Persiapkan diri Anda dengan membawa perlengkapan travel karena letaknya yang cukup jauh dari perkotaan di Pulau Jawa.

Get Promo

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top