4 Oleh – Oleh Khas Karimunjawa Yang Harus Anda Beli

Berkunjung ke kawasan wisata Karimunjawa, pastinya sayang, jika tidak membawa oleh-oleh khas Karimunjawa. Jika alasannya tidak tahu, maka ini akan jadi ulasan yang tepat untuk Anda. Dalam ulasan berikut ini ada beberapa oleh-oleh khas, dari daerah yang kaya akan pesona wisata taman lautnya yang cantik.

Kayu langka

Ada 3 jenis kayu langka yang dapat Anda temukan kawasan Karimunjawa ini, yang pas jika dijadikan sebagai oleh-oleh khas Karimunjawa,, yaitu :

  1. Kayu Stigi, oleh-oleh kayu yang satu ini, mempunyai manfaat herbal, terutama untuk mengobati beberapa penyakit supranatural yang ada. Semakin tua usia kayu, maka struktur serat kayunya aka semakin halus dan juga kuat. Sebagian masyarakat menganggap bahwa kayu ini mempunyai tuah dan fadilah yang alami.   
  2. Kayu Dewandaru, kayu ini dapat ditemukan dalam bentuk tasbih, gelang, tongkat atau yang lainnya. Sama seperti sebelumnya, kayu ini juga dapat dijadikan sebagai pengobatan medis, dan non medis.
  3. Kayu Kalimasada, warnanya hitam, dengan struktur yang kuat dan terkesan elegan. Anda biasanya menemukan kayu ini dalam bentuk tasbih, gelang, kalung, dan yang lainnya. Banyak orang mempercayai bahwa kayu ini mempunyai kekuatan spiritual sendiri.
  4. Hiasan kerang

Selain aneka kerajinan kayu, ada juga oleh-oleh khas Karimunjawa lainnya yaitu kerang. Walaupun kerajinan kerang ini cukup banyak, namun kerajinan kerang khas Karimunjawa sedikit berbeda, pastinya pas jka dijadikan sebagai oleh-oleh. Kerang-kerang cantik yang banyak tersebar di bibir pantai, banyak dipungut oleh warga, yang nantinya dirangkai menjadi sebuah hiasan kerang cantik. Anda dapat menemukan oleh-oleh ini di kawasan alun-alun kawasan Karimunjawa atau di toko souvenir. Koleksi hiasan kerang yang akan Anda dapatkan kali ini antara lain asbak, hiasan dinding, cermin, hiasan meja, dan yang lainnya.  

Kaos Karimunjawa

Salah satu yang khas ketika membeli oleh-oleh adalah kaos. Hampir setiap daerah wisata, mempunyai desain kaos yang berbeda-beda. Kaos khas Karimujawa ini misalnya, desainnya menarik, dengan warna-warna menarik. Yang jelas, setiap kaos yang dijual, akan memperlihatkan keindahan panorama alam khas Karimunjawa.

Untuk membeli oleh-oleh khas Karimunjawa yang satu ini, pastinya tidak sulit, karena hampir ada disetiap pojok lokasi wisata termasuk di alun-alun kota tersebut. Adapun ukuran kaos yang ditawarkan cukup beragam, mulai dari ukuran kecil, hingga ukuran besar. Tidak hanya kaos yang akan Anda temukan di penjual oleh-oleh yang satu ini, ada juga oleh-oleh lainnya, seperti topi pantai, dan yang lainnya. pastikan Anda membeli oleh-oleh yang satu ini, mengingat ini adalah salah satu oleh-oleh khas, yang mampu mengidentifikasi tempat secara langsung, karena ada tulisan Karimunjawa pada kaos yang akan dibeli.

Olahan ikan asin Karimunjawa

Mengingat Karimunjawa adalah pulau yang pastinya dekat dengan lokasi laut dan pantai, sudah pasti mayoritas penduduknya berprofesi sebagai nelayan. Pastinya tidak heran jika di tempat ini, Anda juga akan menemukan aneka macam olahan ikan, terutama ikan yang diawetkan, seperti ikan asin. Akan ada cukup banyak olahan ikan asin yang akan Anda temukan di tempat ini. Selain membeli ikan asin di para pedagang, Anda juga dapat melihat langsung cara mengolah ikan asin tersebut, yang juga dilakukan oleh para nelayan setempat. Tentunya ini akan jadi pengalaman unik dan menyenangkan.

Jadi bagaimana ! Tentu kini Anda tidak kebingungan lagi dalam memilih dan membeli oleh-oleh khas Karimunjawa tersebut. Pastinya Anda juga sudah tahu oleh-oleh seperti apa yang pas untuk keluarga tercinta, atau rekan kerja.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top