Jasa Sedot WC Temanggung Harga Murah Online 24 Jam

Wc menjadi salah satu benda paling krusial di rumah. Memasang kloset oun bukan hal mudah. Itulah kenapa fasilitas ini harus dirawat sedemikian rupa supaya fungsinya optimal. Salah satunya adalah dengan sedot wc Kabupaten Temanggung.

Apa Itu WC?

Wc atau Water Closet merupakan fasilitas rumah yang gunanya sebagai tempat pembuangan kotoran baik urin maupun feses. Istilah tersebut juga merujuk pada sebutan lainnya seperti kloset, jamban, kakus, toilet, dan pekiwan. Namun seiring waktu wc bukan hanya soal satu benda. 

Tapi juga merujuk pada suatu tempat dengan ruangan kecil tertutup berisi toilet. Di mana ruangan tersebut boleh jadi terletak di dalam kamar mandi lebih besar. Biasanya terdapat pula wastafel cuci tangan. Kendati demikian tetap merujuk ke penggunaan umum. 

Kloset adalah sebuah benda untuk pembuangan kotoran. Fasilitas ini bukan hanya terletak di dalam rumah. Tapi juga ruang publik misalnya perkantoran, pusat belanja, jalanan, dan lainnya. Apabila letaknya di area publik maka biasa disebut toilet umum. 

Cara Memasang WC di Rumah

Setiap rumah tentu membutuhkan wc untuk kebutuhan pembuangan. Selain badan kloset, diperlukan pula lubang pembuangan kotoran yang disebut septic tank. Oleh sebab itu pemasangan hanya bisa dilakukan oleh ahli bangunan. Begini cara pasangnya.

1. Menyiapkan Peralatan 

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum memasang kloset secara mandiri adalah menyiapkan peralatan. Beberapa hal yang Anda butuhkan ini harus jadi poin utama sebab menentukan keberhasilan pemasangan. 

  • Pipa pvc
  • Kloset Jongkok
  • Batu bata
  • Adukan semen
  • Keramik lantai

2. Instalasi Pipa PVC

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan instalasi pipa pvc. Pipa inilah yang menjadi saluran pembuangan atau perantara dari kloset menuju septic tank. Biasanya ukuran pipa minimal berdiameter 4 cm dengan ujung pipa terhubung ke kloset. Di mana pipa ini lurus tanpa sambungan. 

Otomatis antara septic tank dan toilet harus tertata sedemikian rupa. Pastikan pilih bahan pipa yang tepat khusus untuk area pembuangan. Perlu Anda ketahui pula bahwa idealnya, wc jongkok terpasang lebih tinggi dari pada lantai utama. Misalnya 15 – 20 cm di atasnya. 

3. Menentukan Posisi Kloset

Maksud dari menentukan posisi kloset adalah mengukur antara besar wc dengan tempat yang akan digunakan. Biasanya, kloset jongkok per ruangan memiliki dimensi 70 x 70 cm. Namun Anda bisa memperbesar atau memperkecil ukuran tersebut sesuai kebutuhan. 

Sedangkan untuk penggunaan wc duduk malah lebih fleksibel. Sebab tidak memerlukan bak air sebagai alat siram. Proses penyiraman bisa langsung menggunakan tombol flush. Secara otomatis kotoran akan tersiram dengan baik. 

4. Posisi Lubang Pembuangan

Selanjutnya adalah mengatur posisi lubang pembuangan. Akan menghadap kemana wc tersebut. Sebab hal ini sangat mempengaruhi letak serta keberhasilan pemasangan kloset, khususnya wc jongkok. Apalagi jika ruangannya terbatas. 

Sebagai perkiraan pastikan posisi lubang kloset berjarak sekitar 35 cm dari dinding samping. Sedangkan untuk area belakang sediakan jarak sampai 40 cm. Kendati demikian ukuran ini juga kondisional sesuai dengan luas ruangan yang tersedia. 

5. Membuat Kotakan

Salah satu step yang tak boleh terlewatkan saat pemasangan wc jongkok adalah membuat kotakan. Di mana kotakan dark semen inilah yang nantinya sebagai tumpuan kloset. Ukurannya bisa Anda sesuaikan dengan besar kecilnya kloset. 

Oleh sebab itu Anda harus mengukur secara tepat berapa luas yang dibutuhkan untuk menumpu kloset. Umumnya wc jongkok punya ukuran yang sama. Dalam prosesnya, pastikan adukan semen rata agar tidak mudah pecah. 

6. Memasang Kloset

Hal paling inti dari membuat wc adalah memasang kloset jongkok. Pasang pada kotakan yang telah Anda buat sebelumnya. Untuk prosesnya sendiri dilakukan saat pondasi masih basah sehingga dapat berfungsi sebagai perekat. 

Selain itu akan lebih mudah menyesuaikan ukurannya dalam keadaan basah. Setelah terpasang coba duduk jongkok di atas pijakan toilet. Selanjutnya tunggu beberapa hari sampai semen mengering sepenuhnya. 

7. Pemasangan keramik

Sebenarnya untuk urutan yang terakhir ini opsional. Jika ingin toilet lebih nampak bersih dan terawat, Anda bisa menambahkan sentuhan keramik di sekeliling wc. 

Merawat WC Agar Lebih Awet

Setelah proses pemasangan selesai, kini Anda bisa menggunakan wc tersebut kapanpun. Namun toilet tetap membutuhkan perawatan, bukan hanya soal kebersihan dari luar, tapi juga bagian inti dari toilet. Seperti yang Anda tahu, bahwa kotoran dari lubang toilet akan masuk menuju area pembuangan di bawah tanah. 

Tempat pembuangan itulah yang disebut septic tank. Area ini tentunya juga memerlukan perhatian. Pasalnya setiap septic tank memiliki ukuran dan daya tampung berbeda. Jika terlalu penuh sampai bakteri tidak dapat mengurai kotoran. Maka yang terjadi adalah wc mampet dan air meluber. 

Anda tentu tidak ingin hal itu terjadi. Apalagi septic tank yang merembes ke permukaan dapat menimbulkan bau tidak sedap. Oleh sebab itu, harus dilakukan pembersihan septic tank dengan memanggil jasa sedot wc Temanggung. Untuk biayanya sendiri mulai Rp 450 ribu per kubik. 

Tips Aman Pakai Toilet Umum

Toilet umum merupakan fasilitas yang digunakan oleh banyak orang secara random. Baik anak-anak, remaja, perokok, ibu hamil dan sebagainya. Dengan berbagai kriteria tersebut toilet bisa jadi tempat virus dan kuman berkembangbiak. Ini tips supaya tetap aman pakai wc umum.

1. Hindari menyentuh Secara Langsung

Hal pertama yang harus Anda perhatikan saat akan menggunakan wc umum adalah tidak menyentuh secara langsung benda atau bagian dari toilet tersebut. Misalnya gagang pintu, dudukan toilet, tombol flush, kran wastafel dan lainnya. 

Nah, untuk mengatasinya gunakan tisu sebagai perantara. Jika memang tidak ada, maka cuci tangan hingga bersih setelah menyentuhnya. Gunakan siku atau bahu untuk mendorong pintu toilet. Pakai dan bawa selalu hand sanitizer jika perlu.

2. Letakkan Barang di Gantungan Pintu 

Jika Anda ke toilet dengan membawa tas, gantung di gantungan belakang pintu. Hindari meletakkan barang bersih apapun di permukaan toilet. Apalagi di lantai. Sebab kuman yang ada di sana boleh jadi berpindah sepersekian detik ke tas Anda. 

3. Membersihkan Dudukan Toilet

Toilet duduk memang rawan kuman dari pada wc jongkok. Kulit setiap orang bersentuhan secara tidak langsung. Selain itu, wc duduk juga membuat penggunanya harus bersentuhan langsung dengan dudukan toilet. Oleh sebab itu sebelum menggunakannya letakkan beberapa lembar tisu di atasnya. 

Cara ini tentu lebih mudah dari pada harus duduk melayang di atas wc. Pasalnya, bukannya jadi lebih mudah, keadaan tersebut dapat menekan otot panggul. Akibatnya buang air kecil jadi terganggu. 

4. Jangan Menyiram Saat Duduk atau Jongkok

Wc duduk maupun jongkok pasti punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun yang perlu diperhatikan jangan menyiram wc saat posisi Anda sedang di atasnya. Sebab kuman yang ada di toilet bisa berpindah ke beberapa bagian tubuh. 

Jadi, lebih baik bersihkan organ intim terlebih dahulu. Selanjutnya berdiri dan siram wc jongkok secara perlahan. Sedangkan untuk toilet duduk, tutup dulu selanjutnya tekan tombol flush. Hal ini mencegah kuman beterbangan keluar area kloset.

5. Membawa Peralatan Sendiri

Perlu Anda tahu bahwa tidak senua toilet umum menyediakan fasilitas kebersihan seperti tisu, sabun cuci tangan ataupun hand sanitizer. Oleh karena itu sebaiknya Anda membawa peralatan sendiri dari rumah. Sebagai antisipasi tidak adanya benda tersebut. 

Tisu dan pembersih anti kuman jangan sampai ketinggalan. Masukkan ke pouch khusus untuk dibawa bepergian. Apabila tidak ingin tas kelihatan terlalu penuh. Bawa kemasan khusus revil atau dalam model mini.

6. Cuci Tangan dengan Benar

Salah satu faktor dalam kebersihan yang harus diperhatikan adalah cuci tangan. Kebanyakan orang hanya sekedar membasahi telapak tangan pakai air mengalir. Padahal, ada tata cara yang membuat step tersebut tidak boleh terlewatkan. 

  • Membasahi tangan dengan air bersih
  • Pakai sabun
  • Gosok menyeluruh mulai kuku, sela-sela jari 20 detik
  • Bilas hingga bersih
  • Keringkan pakai tisu
  • Tutup air kran dengan tisu agar lebih higienis

Jenis-jenis Kloset 

Seiring waktu jenis kloset juga mengalami perkembangan. Kini jadi makin beragam jenisnya. Tentunya hal itu disesuaikan dengan kenyamanan masing-masing orang. Ini dia jenis-jenis kloset menurut bentuknya. 

1. Kloset Monoblok (One Piece Toilet)

Pertama ada kloset Monoblok yang tangki airnya langsung menyatu dengan badan wc. Jika melihat dari bentuknya, jenis kloset yang satu ini memang lebih simpel dan minimalis. Namun siapa sangka jauh lebih berat dan mahal. 

Kendati demikian, toilet semacam ini pemasangannya mudah. Selain itu lebih kokoh dan tidak gampang pecah. Bagi Anda yang tinggal di area perumahan minimalis, bisa pilih jenis kloset monoblok. Bentuknya juga estetik. 

2. Kloset Duo Blok (Two Piece Toilet)

Selanjutnya ada kloset duo blok. Seperti namanya jenis wc ini memiliki tangki air yang tidak menyatu dengan dudukan toilet. Meski secara terpisah tapi lebih ringan proses pemasangannya. Antara tangki air dan badan kloset juga lebih mudah dimanuver. 

Bukan hanya itu, kloset jenis ini tidak terlalu berat bebannya. Selain itu harganya pun jauh lebih murah daripada model monoblok. 

3. Toilet Jongkok

Anda.mungkin sudah tidak asing dengan toilet jongkok. Apalagi mereka yang tinggal di pedesaan di mana toilet jongkok lebih praktis dan mudah perawatannya. Bahkan model satu ini adalah yang paling banyak digunakan penduduk dunia terutama wilayah Asia dan Asia Tenggara. 

Walaupun saat ini memang sudah banyak tergantikan dengan model wc duduk. Jenis toilet ini juga sering disebut sebagai kloset leher angsa karena terdapat saluran yang bentuknya seperti leher angsa. Selesai menggunakan pemakai harus mengguyurnya secara manual. 

4. Kloset Gantung (Wall Hung Toilet)

Model terakhir ada kloset gantung yang proses pemasangannya memang melayang di atas lantai. Jika biasanya kloset harus menapak tanah, maka Wall Hung Toilet tertanam pada dinding. Jenis toilet satu ini memang lebih ringkas dan nampak minimalis. Sangat cocok untuk apartemen dan rumah sederhana. 

Tangki air dari toilet gantung langsung tertanam pada dinding. Jadi tidak memakan banyak tempat. Cocok bagi Anda yang punya ruangan kamar mandi tidak begitu besar. 

Itu dia berbagai hal mengenai toilet. Mulai dari pengertian, cara pasang, sampai proses perawatannya. Solusi toilet mampet atau meluber, panggil saja sedot tinja Kabupaten Temanggung.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Scroll to Top