Saat Anda berwisata di Jawa, mulai dari Jawa Barat, Jawa Tengah, hingga Jawa Timur, terhampar ratusan candi kuno Buddha dan Hindu yang harus Anda jelajahi. Konon, jauh di bawah tanah-tanah Jawa, masih banyak lagi candi yang masih tersembunyi dan belum ditemukan. Provinsi Jawa Tengah juga memiliki beberapa obyek wisata dan situs warisan sejarah yang indah. Salah satunya adalah Candi Gedong Songo.

Candi ini letaknya ada di lereng gunung tepatnya Gunung berapi Ungaran. Nah, wisata Candi Gedong Songo ini tepatnya ada di desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Ya, di Bandungan ini, terdapat sebuah kompleks candi Hindu yang disebut Candi Gedong Songo, yang dalam bahasa Indonesia kira-kira berarti Sembilan Candi Besar. Bagaimana sih sejarah dari adanya wisata ini dan bagaimana cara untuk menuju ke tempat wisata ini?

Diskon 10% paket wisata karimunjawa

Sejarah Candi Gedong Songo

Banyak yang menanyakan sebenarnya apakah memang wisata ini sejak awal mempunyai candi berjumlah 9? Sayang, saat ini hanya ada 5 kompleks candi yang bisa ditemui.

Banyak yang mengatakan bahwa wisata candi ini hampir mirip dengan candi yang ada di Dieng. Ya, banyak wisatawan yang mengatakan bahwa Gedong Songo ini sama dengan kawasan Candi Dieng di Wonosobo. Kompleks candi ini dibuat dari deretan paling bawah hingga puncak perbukitan mengintari mata air panas kawah.

Candi Gedung Songo adalah situs peninggalan Hindu yang diperkirakan telah dibangun di Abad ke-9 yang saat itu dikuasai oleh dinasti Syailendra di tanah jawa. Keindahan alam dan kesejarahan nilai dari 9 candi tersebut harus mampu menarik keduanya wisatawan lokal maupun mancanegara yang ingin mengetahui sejarah kebudayaan Indonesia, khususnya Jawa Tengah.

Namun adapula yang menyebutkan bahwa kompleks Candi Gedong Songo ditemukan oleh Sir Stamford Raffles pada 1804, dibangun pada abad ke-9 Dinasti Syailendra. Padahal konon ada sembilan candi Hindu yang bisa Anda lihat di Candi Gedong Songo, hanya lima yang masih bisa dilihat oleh pengunjung.

Adapula legenda yang mengatakan bahwa Ratu Simha dari Kerajaan Kalingga berkuasa ketika kompleks Gedong Songo dibangun. Ratu Shima dikenal karena pemerintahannya yang adil dan terhormat. Ratu mengajari bangsanya untuk menyembah Sang Hyang Widi, Dewa Yang Mahakuasa, dan untuk mencapai ini, ia memerintahkan agar sebuah kuil yang didedikasikan untuk Sang Hyang Widi dibangun.

Menyibak Keindahan Candi Gedong Songo

Terletak di atas 1200 meter di atas permukaan laut di lembah Gunung Ungaran (Gunung Ungaran, pemandangan di Candi Gedong Songo sangat menakjubkan dan udaranya sangat sejuk.Hal ini tidak mengherankan karena wisata ini memiliki banyak sekali pohon.

Berbagai pohon pinus dan mawar mengelilingi Candi Gedong Songo membuat kawasan ini semakin asri dan keberadaan sumber mata air alami menambah alasan lain untuk mengunjungi kompleks candi Hindu ini.

Kesembilan candi itu berjejer seperti anak tangga (undakan) besar yang dihubungkan dengan jalur semen. Anda bisa menunggang atau menyewa kuda biayanya tidak lebih dari Rp 100.000 untuk pergi dari satu candi ke candi lainnya.

 Di dekat kompleks terdapat pasar tradisional, yaitu pasar Bandungan, dan pada hari-hari pasar mungkin jalanan menjadi padat, sehingga pengemudi harus berhati-hati. Jarak tempuh dari pasar Bandungan masih 4 km ke pura.

 Candi yang berada di kawasan Gunung Ungaran diyakini merupakan Candi Hindu dengan ditemukannya arca-arca Hindu yang terdapat di dalam dan sekitar situs candi. Di antaranya ditemukan arca Ciwa Mahadeva, Ciwa Grand Master, Ganeca, Durga Mahisasura Mardhini, Swara Nandi, Mahakala dan Yoni yang ada di dalam candi.

Candi Gedong Songo terdiri dari lima kelompok candi, yaitu Candi I, II, III, IV dan V. Candi I yang terletak di ketinggian 1.260 mdpl, hanya tersisa satu candi lengkap. Candi II yang jaraknya 300 meter dari Candi I, memiliki satu candi yang lengkap bernama Candi IIA; yang lainnya, Candi IIB, dalam reruntuhan.

Candi III yang terletak di ketinggian 1.298 meter di atas permukaan laut dan sekitar 100 meter dari Candi II ini terdiri dari tiga candi yang lengkap. Candi IV sedikit lebih tinggi yaitu 1.300 meter dan 200 meter melintasi jurang dari Candi III, terdiri dari dua sub-cluster.

Sub-cluster utara terdiri dari empat struktur, selatan, sembilan struktur – hanya satu yang utuh. Candi V lebih tinggi dari Candi IV yang terletak pada ketinggian 1.310 meter dan 507 meter dari Candi I, terdiri dari dua sub cluster. Sub-cluster pertama menampung tiga candi berturut-turut, dengan yang di tengah utuh; sub-cluster lainnya terdiri dari tiga reruntuhan.

Perjalanan lengkap melalui kompleks ini kira-kira berjarak 2 km. Perjalanan yang naik dan turun melewati rerimbunan pohon pinus, jurang, dan mata air belerang ini tentunya membutuhkan energi yang tidak sedikit.

Untungnya, kuda tersedia untuk disewa di pintu masuk kompleks Dengan mengendarai kuda, maka Anda bisa mendaki sambil mengagumi keindahan alam di Candi Gedung Songo yang indah ini. Nah, di dalam kompleks Candi  Gedung Songo ini juga memiliki sebuah  terdapat kawah air panas belerang yang letaknya tidak jauh dari bagian tengah candi. Selain itu, ada juga area perkemahan yang bisa disewa.

Rute Menuju ke Gedong Songo

Gedong Songo (sembilan bangunan) adalah nama candi yang berada di perbukitan di Ungaran. Gedong Songo berada di ketinggian sekitar 1.200 m dpl sehingga suhu udara di daerah tersebut sangat dingin (berkisar antara 19-27 ° C).

Lokasi Gedong Songo sangat mudah dijangkau dari berbagai kota di sekitarnya. Lokasinya merupakan deretan jalur alternatif Unggaran – Temanggung. Jika Anda memulai perjalanan dari kota Semarang, maka Anda cukup datang saja ke arah selatan menuju ke Kota Unggaran lalu pergilah menuju arah ke Bandungan dan naik saja sampai menemukan arah menuju ke Candi Gedung Songo.

Jika Anda datang dari arah Yogyakarta, maka arahkan saja kendaraan Anda melalui kota Ambarawa sampai ke Tugu Palagan Ambarawa- Bandungan  dan Candi Gedong Songo. Dari Yogyakarta menuju ke Candi Gedung Songo inim setidaknya Anda akan menempuh waktu kurang lebih 2 jam.

Jika Anda menggunakan kendaraan umum dari Semarang, maka sesampainya di Bandungan sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi karena angkutan umum sulit ditemukan disini.

Harga Tiket Masuk Candi Gedong Songo

Adapun tiket masuk Candi Gedong Songo sendiri adalah :

  • Biaya masuk untuk dewasa / 5 tahun ke atas: Rp 5.000
  • Wisatawan Asing Biaya masuk: Rp. 25.000

Sementara untuk biaya parkir ke Candi Gedong Songo adalah :

  • Sepeda Motor: Rp. 2.000
  • Mobil: Rp. 5.000
  • Bus dan minibus : Rp 10.000

Bagi Anda yang ingin sekali mengunjungi Candi Gedung Songo, jangan lupa untuk menyiapkan kamera karena pemandangan di wisata ini sangat indah dan menakjubkan dan jika Anda ingin sekalian berwisata ke Karimunjawa bisa langsung hubungi Thekarimun.

Get Promo

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top